Soal Rencana Menhub Tinjau Ulang Kebijakan Bagasi Berbayar, Ini Tanggapan Manajemen Lion Air Batam

Disampaikannya, penerapan Free Baggage Allowance (FBA) berbayar Lion dan Wings Air ini dilakukan melihat biaya oprasional yang semakin meninggi

Soal Rencana Menhub Tinjau Ulang Kebijakan Bagasi Berbayar, Ini Tanggapan Manajemen Lion Air Batam
TRIBUNBATAM.ID/ENDRA KAPUTRA
Sejumlah penumpang Lion Air kaget saat harus membayar biaya bagasi untuk barang bawaannya, Selasa (22/1/2019) 

TRIBUNBATAM.id, BATAM - Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi beberapa lalu menyampaikan, akan meninjau kembali terkait penerapan tarif bagasi yang dirasa memberatkan masyarakat.

Seperti yang dilansir, Kompas.Com pada Rabu (30/01/2019) lalu. Budi mengatakan, membuka peluang untuk membatalkan kebijakan penerapan bagasi berbayar oleh sejumlah maskapai berbiaya rendah.

"Hari ini akan saya finalkan, bahwa beban-beban masyarakat itu akan menjadi lebih ringan. Alternatifnya macam-macam, dari membatalkan kegiatan itu sampai memberikan diskon," ujar Budi di Jakarta.

Budi mengaku tak ingin membuat masyarakat terbebani dengan adanya penerapan bagasi berbayar oleh para maskapai. Oleh karena itu pihaknya selaku regulator akan mencari solusi terbaik untuk permasalahan ini.

"Intinya by law sesuai dengan aturan di undang-undang, tapi kita akan meregulasi agar masyarakat itu tidak tiba-tiba menjadi berat," kata Budi.

Penandatangan Pakta Integritas dan Pengambilan Sumpah Peserta Seleksi SSIP di Polda Kepri

Amankan Perayaan Imlek di Sekupang, Polisi Akan Kawal Tiga Vihara Ini. Ini Imbauan Kapolsek

Musisi Indie Batam Ikut Bersuara Terkait Draf RUU Permusikan: Ini Katanya

SEDANG BERLANGSUNG! Live Streaming Arema FC vs Persita Tangerang di Piala Indonesia, Mulai 19.00 WIB

Dikonfirmasi Distrik Manager Lion Air Grup Batam M. Zaini Bire, apakah menunda dahulu tangapan yang akan dilakukan Menhub, Ia mengatakan, sejauh ini masih menjalani kebijakan maskapai tersebut.

"Soalnya belum ada konfirmasi dari pusat perihal ini. Kita pastinya ikut keputusan yang dikeluarkan dari pusat," ujarnya, Minggu (03/02/2019).

Disampaikannya, penerapan Free Baggage Allowance (FBA) berbayar Lion dan Wings Air ini dilakukan melihat biaya oprasional yang semakin meninggi, yang mengharuskan menerapkan aturan tersebut.

"Ditambah lagi nilai tukar rupiah terhadap dolar yang sangat mempengaruhi biaya operasional kita," ucapnya.

Terhadap penurunan jumlah penumpang angkutan udara yang tercatat oleh BPS Kepri. Bire menyebutkan, tidak berdasarkan hal tersebut.

"Tidak berdasar itu, sebab ini masih masuk low season, dan data pembukuan kami masih normal semua sampai saat ini. Kita liat masa low season nanti kedepan seperti apa," ujarnya. (dra)

Penulis: Endra Kaputra
Editor: nandrson
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved