BATAM TERKINI

Perusahaan Modern Mulai Terapkan Industri 4.0, Bagaimana dengan Batam? Ini Jawaban Kadisnaker

Kepala Dinas Tenaga Kerja Kota Batam, Rudi Sakyakirti mengatakan, saat ini sejumlah perusahaan masih belum menerapkan industri 4.0.

Perusahaan Modern Mulai Terapkan Industri 4.0, Bagaimana dengan Batam? Ini Jawaban Kadisnaker
TRIBUNBATAM.id/ALFANDI SIMAMORA
Kepala Dinas Tenaga Kerja Kota Batam Rudi Sakyakirti 

TRIBUNBATAM.id, BATAM - Kepala Dinas Tenaga Kerja Kota Batam, Rudi Sakyakirti mengatakan, saat ini sejumlah perusahaan masih belum menerapkan industri 4.0 yang saat ini sedang jadi trending topic.

"Terkait industri 4.0 itu, saat ini di Perusahaan di Batam setahu saya belum ada yang menerapkan, namun ke depan suda ada beberapa perusahaan yang mengarah ke sana," kata Kepala Dinas Tenaga Kerja Kota Batam, Rudi Sakyakirti, Selasa (19/2/2019).

Rudi juga menjelaskan, bahwa terkait perekrutan karyawan sampai sejauh ini masih normal-normal saja untuk perekrutan karyawan di setiap perusahaan, khususnya di perusahaan elektronik.

"Untuk perekrutan karyawan sampai sejauh ini masih normal seperti biasanya, apalagi di perusahaan elektronik yang memang tergolong mengarah ke Industri 4.0 tersebut,"ungkapnya.

Lanjutnya Rudi, kalaupun nanti sistem operator dikurangi, dari segi operator untuk teknisi pasti banyak yang dibutuhkan juga, dan kemungkinan masih ada dibutuhkan beberapa operator untuk memperhatikan mesin yang bekerja tersebut.

"Tapi sekarang di Batam belum melaksanakan seperti yang di luar negeri. Karena kalau menggunakan industri 4.0 itu harus mempersiapkan peralatanya,"ujarnya.

Mau Tagih Utang Rp 30 Juta, Arnold Justru Dipukul Besi Hingga Tewas dan Dimasukkan Septic Tank

Harga Emas Batangan Kembali Naik, Simak Daftar Harga Terbaru Emas Batangan Hari Ini, Selasa (19/2)

KABAR GEMBIRA! Bakal Butuh 2.000 Tenaga Kerja, 2 Perusahaan di Muka Kuning Batam Lakukan Ekspansi

Kisah Pencari Kerja di Muka Kuning, Tak Dapat Kerja Dapat Pacar Pun Jadi, Yang Penting Makan Aman

Rudi juga menjelaskan, jikalaupun nanti perusahaan di Batam mengarah ke industri 4.0 mengingat kemajuan teknologi yang saat ini semakin pesat, perusahaan juga harus butuh persiapan yang matang.

"Khususnya untuk melengkapi sejumlah peralatan system elektronik yang dibutuhkan untuk industri 4.0 tersebut. Karena persiapan itu bukan waktu yang cepat, bahkan persiapan itu butuh waktu 2 -3 tahun lagi," katanya.

 

Sebagian Perusahaan Batamindo Sudah Gunakan Industri 4.0

Halaman
12
Penulis: Alfandi Simamora
Editor: Tri Indaryani
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved