Sebut Bawa Bom saat Ditanya Petugas Check In Wings Air, Pria Ini Diamankan di Bandara Maleo Morowali

"Dengan kerjasama yang baik antara petugas layanan di darat serta petugas keamanan, maka proses pemeriksaan dapat diselesaikan secara teliti, tepat da

Sebut Bawa Bom saat Ditanya Petugas Check In Wings Air, Pria Ini Diamankan di Bandara Maleo Morowali
Pesawat Wings Air jenis ATR72-600 registrasi PK-WHQ. TRIBUNBATAM/ISTIMEWA 

Sebut Bawa Bom saat Ditanya Petugas Check In Wings Air, Pria Diamankan di Bandara Maleo Morowali

TRIBUNBATAM.id - Wings Air (kode penerbangan IW) member of Lion Air Group dengan penerbangan IW-1334, tidak memberangkatkan salah satu penumpangnya dari Bandar Udara Maleo, Morowali, Sulawesi Tengah (MOH) ke Bandar Udara Mutiara SIS Al-Jufri, Palu, Sulawesi Tengah (PLW).

Hal ini disebabkan salah satu penumpang laki-laki berinisal FB (48) menyampaikan ada bom di dalam tas yang dibawanya saat ditanya petugas layanann check in, Minggu (24/2/2019).

"Situasi ini terjadi saat FB melaporkan diri dan barang bawaan (check-in), setelah petugas layanan check-in mengajukan pertanyaan apakah terdapat barang bawaan berharga (security question) dalam bagasi," kata Corporate Communications Strategic of Wings Air, Danang Mandala Prihantoro dalam rilis yang diterima Tribunbatam.id, Minggu (24/2/2019).

18 Kapal Nelayan Terbakar, 14 Jam Petugas Berjibaku Padamkan Api, Polisi Periksa Tujuh Saksi

Dikabarkan Foto Prewed, Ternyata untuk Koleksi, Berikut Potret Mesra Marion Jola dan Julian Jacob

Jadwal Final Piala AFF U22 2019 - Pemenang Laga Kamboja vs Thailand Akan Jadi Lawan Garuda Muda

Ingin Berumur Panjang? Intip 5 Makanan yang Rutin Dimakan Pria Berumur 114 Tahun Ini

Danang mengatakan dalam memastikan keselamatan, keamanan dan kenyamanan penerbangan, petugas layanan darat (ground handling), petugas keamanan (aviation security) beserta pihak terkait berkoordinasi dengan menjalankan prosedur tindakan berdasarkan standar penanganan ancaman bom (standard security bomb threat procedures).

"Dengan kerjasama yang baik antara petugas layanan di darat serta petugas keamanan, maka proses pemeriksaan dapat diselesaikan secara teliti, tepat dan benar. bahwa operasional dijalankan sesuai standar operasional prosedur (SOP)," ujarnya.

"Hasil pemeriksaan adalah tidak ditemukan barang bukti berupa bom dan benda lain mencurigakan di dalam bagasi/ barang bawaan FB, yang dapat berpotensi membahayakan penerbangan," katanya.

Selanjutnya, Wings Air telah menyerahkan FB ke pihak avsec Bandar Udara Maleo dan kepolisian untuk dilakukan proses lebih lanjut.

Wings Air memastikan bahwa pesawat dinyatakan aman (safe to flight) dan dapat diterbangkan kembali.

Penerbangan IW-1334 mengangkut 48 penumpang serta empat kru menggunakan pesawat ATR 72-600, lepas landas dari Morowali pukul 11.55 WITA.

"Pesawat telah mendarat di Palu pada 12.55 WITA," kata Danang.

Yuki Kato Dikabarkan Dekat dengan Pembalap Rio Haryanto, Bukan Tipe yang Suka Mengumbar Hubungan

Turnamen Golf IKSB Cup 2019, Isdianto : Hubungan Kepri dan Sumbar Seperti Adik dan Kakak Sejak Dulu

Cara Atasi Uban Secara Alami dengan Berbagai Minyak Esensial Ini

Tersinggung Saat Bercanda, Pelajar SMA Tikam Teman Satu Sekolahan Hingga Tewas, Begini Kronologisnya

Danang menghimbau dan menegaskan kepada seluruh pelanggan maupun publik atau masyarakat untuk tidak menyampaikan informasi palsu, berguraun atau bercanda dengan mengaku bawa bom di bandar udara dan di pesawat.

"Mengacu pada Pasal 437 UU Nomor 1 Tahun 2009 tentang Penerbangan (UU Penerbangan), semua yang terkait informasi bom baik sungguhan atau bohong, merupakan tindakan melanggar hukum, akan diproses dan ada sanksi tegas oleh pihak berwajib," katanya.(*)

Penulis: Zabur Anjasfianto
Editor: Zabur Anjasfianto
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved