TANJUNGPINANG TERKINI

Balai Karantina Tanjungpinang Musnahkan Hasil Tangkapan Media Pembawa Hama Penyakit Hewan

Pemusnahan tersebut berlangsung di Kantor Balai Karantina Kelas II Tanjungpinang, Jalan RE Martadinata Kilometer 6 Kota Tanjungpinang, Selasa (26/2)

Balai Karantina Tanjungpinang Musnahkan Hasil Tangkapan Media Pembawa Hama Penyakit Hewan
TRIBUNBATAM.id/THOM LIMAHEKIN
Proses pemusnahan di Kantor Balai Karantina Kelas II Tanjungpinang. 

TRIBUNBATAM.id, TANJUNGINANG - Kantor Balai Karantina Kelas II Tanjungpinang kembali menggelar tindakan karantina berupa pemusnahan media pembawa hama penyakit hewan karantina dan organisme pengganggu tumbuhan karantina.

Pemusnahan tersebut berlangsung di Kantor Balai Karantina Kelas II Tanjungpinang, Jalan RE Martadinata Kilometer 6 Kota Tanjungpinang, Selasa (26/2/2019) pagi.

Kepala Seksi Karantina Hewan di Kantor Balai Karantina Kelas II Tanjungpinang drh Purwanto mengatakan tujuan kegiatan ini adalah untuk mencegah masuknya penyakit yang bersumber dari hewan dan tumbuhan.

"Media merupakan hasil dari tindakan karantina yang kami lakukan Oktober 2018 sampai Januari 2019," ungkap Purwanto di sela-sela acara pemusnahan.

Komoditas yang dimusnahkan meliputi komoditas karantina hewan dan komoditas karantina tumbuhan yang terdiri dari daging ayam, daging babi, telur ayam dan produk olahan seberat 104,31 kilogram.

Sedangkan komoditas tumbuhan berupa buah-buahan seberat 299,96 kilogram, sayur-sayuran seberat 31 kilogram, rempah-rempah seberat 7,7 kilogram, bawang seberat 20 kilogram, bibit buah 15 batang, bunga 114 batang yang rata-rata berasal dari Singapura dan Malaysia.

Turut Berduka Cita atas Meninggalnya Lim Kim Tiong, Asal Batam, Tutup Usia 66 Tahun

BREAKINGNEWS - BP2RD Batam Bersama Satlantas Polresta Barelang Gelar Razia, Puluhan Motor Terjaring

Unggahan Terbaru Syahrini di Tengah Ramai Kabar Nikah dengan Reino Barack, Wajah Incess Bahagia

Jelang pernikahan Syahrini dan Reino Barack, Postingan Foto Inces Banjir Ucapan, Ini Daftarnya

UPDATE Kondisi Harismail, Korban Salah Tangkap Kasus Dugaan Perkosaan Bidan, Simak 7 Faktanya

Penawar Lelang Perawan Fela Mulai dari Pengusaha hingga Aktor Terkenal India, Laku Rp 19 Miliar

Media tersebut dimusnahkan karena tidak memenuhi persyaratan karantina dalam pemasukannya dan telah terjadi pelanggaran terhadap ketentuan peraturan perundang-undangan yaitu undang-undang nomor 16 tahun 1992 tentang karantina hewan, ikan dan tumbuhan, peraturan pemerintah nomor 82 tahun 2000 tentang karantina hewan peraturan pemerintah  nomor 14 tahun 2002 tentang karantina tumbuhan.

"Komoditas ini tidak disertai sertifikat kesehatan, sertifikat sanitas dan sertifikat phytosanitary dari daerah asal, tidak memenuhi tempat pemasukan dan pengeluaran yang ditetapkan serta tidak dilaporkan dan diserahkan kepada petugas karantina untuk dilakukan tindakan karantina," tegas Kepala Seksi Karantina Hewan di Kantor Balai Karantina Kelas II Tanjungpinang. (tom)

Penulis: Thom Limahekin
Editor: nandrson
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved