HEADLINE TRIBUN BATAM

HEADLINE TRIBUN BATAM - Gerbang Turis Karimun Sepi

Tingkat kunjungan wisatawan mancanegara (wisman) ke Kabupaten Karimun terus menurun bahkan penurunannya hingga 50 persen.

HEADLINE TRIBUN BATAM - Gerbang Turis Karimun Sepi
TRIBUNBATAM.ID/WAHYU INDRI YATNO
HEADLINE TRIBUN BATAM 

TRIBUNBATAM.id, KARIMUN - Tingkat kunjungan wisatawan mancanegara (wisman) ke Kabupaten Karimun terus menurun.

Bahkan penurunannya mencapai 50 persen jika dibandingkan empat atau lima tahun lalu.

Hal tersebut dirasakan oleh pengusaha agen perjalanan di Karimun selaku pelaku usaha di sektor wisata. Sepinya kedatangan wisman mulai dirasakan setelah tahun 2015 silam. Tahu demi tahun berlalu, tetapi kondisinya tak beranjak membaik.

Seperti diketahui, Kepri masuk tiga besar dalam hal tujuan wisata turis mancanegara, setelah Bali dan Jakarta. Pintu wisman ke Kepri, antara lain lewat pelabuhan/bandara di Batam, Lagoi Bintan, dan Karimun. Sayang, kini sepinya pintu gerbang masuknya para turis sangat terasa lewat Karimun.

Dari data di BPS Kepri, jika kunjungan dihitung dari Januari hingga Desember 2018, total wisman yang berpelesir ke Kepri mencapai 2.635.664 orang.

Para turis mancanegara masuk ke Kepri melalui empat pintu masuk yakni Batam, Tanjungpinang, Karimun dan Bintan dengan tren mengalami kenaikan.

Panik Tak Bawa Surat Saat Ada Razia, Wanita Ini Tancam Gas Motor dan Nyungsep Masuk Selokan

IMFO BMKG - Hari Ini Sejumlah Wilayah Diprediksi Turun Hujan, Simak Selengkapnya Disini

BREAKING NEWS - Gempa 5,6 SR Guncang Pasaman Sumbar Kamis Pagi Jam 06.27 WIB, Berikut Info BMKG

Kenalan di Facebook, Siswi SMP 16 Tahun Digilir Tiga Pelajar SMA. Digerebek Orangtua Korban

Kebakaran Hanguskan Hutan di Depan Hotel Holiday Inn Marina, Penghuni Sempat Panik

Yang lewat Batam naik 50,15 persen, Tanjungpinang 44,68 persen, Karimun 33,65 persen, Tanjungpinang, dan Bintan 28,07 persen.

Berdasarkan pintu masuknya, Batam masih menjadi pilihan wisman masuk Kepri yakni 71,60 persen atau 1.887.244, diikuti Bintan 19,85 persen atau 523.106 kunjungan.

Di bawahnya adalah pintu masuk Tanjungpinang 5,33 persen atau 140.596 dan terakhir Karimun 3,21 persen atau 84.718 kunjungan.

Nah jumlah kunjungan sekitar 140 ribu wisman yang lewat karimun itu, jauh lebih sedikit dibandingkan sekitar 3 atau empat tahun sebelumnya.

Data dari pihak Imigrasi kelas II Tanjung Balai Karimun, jumlah wisman yang datang ke Karimun tahun 2016 berjumlah 327, 073 orang.

Sedangkan tahun 2017 mulai anjloK, yaitu hanya berjumlah 87.394 orang.

Zulkifli, owner agen perjalanan PT Cahaya Karimun. Menurutnya ada beberapa faktor yang menyebabkan sepinya wisman. Hal utama yang menjadi penyebab adalah kondisi objek wisata yang tidak terkelola dengan baik. (*)

>>>> BACA BERITA SELENGKAPNYA DI TRIBUN BATAM EDISI KAMIS 28 FEBRUARI 2019

Penulis: Elhadif Putra
Editor: Tri Indaryani
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved