Breaking News:

Google Doodle Hari Ini Peringati Hari Bumi Sedunia, Sejarah & Hal Bermanfaat yang Bisa Kamu Lakukan

Hari ini, Senin 22 April 2019 diperingati sebagai Hari Bumi Sedunia. Tercatat menurut sejarah Hari Bumi Sedunia ini pertama kali pada tahun 1970 .

TRIBUNBINTAN.COM/AMINNUDIN
Peringati Hari Bumi 22 April, Bintan Resort Cakrawala Lakukan Penanaman Pohon Bakau 

TRIBUNBATAM.id - Goodgle doodle hari ini memperingati Hari Bumi Sedunia yang jatuh pada 22 April 2019.

Bisa kita lihat  tulisan Google yang mengelilingi bumi, dengan huruf O yang terlihat seperti matahari.

Tercatat menurut sejarah Hari Bumi Sedunia ini pertama kali pada tahun 1970 .

Gagasan Hari Bumi Sedunia pertama kali muncul pada awal 1960, ketika sebagian elemen masyarakat di Amerika Serikat mulai menyadari pencemaran lingkungan yang semakin membahayakan bumi.

 Apa saja yang bisa dilakukan untuk menyelamatkan bumi ini ?

Dibawah ini kami berikan ide 10 hal kecil yang bisa dilakukan untuk ikut memperingati Hari Bumi Sedunia

 Melansir dari Wikipedia hari bumi dicangkan oleh  senator Amerika Serikat Gaylord Nelson yang juga sebagai seorang pengajar lingkungan hidup.

Tanggal 22 April  dipilih karena bertepatan pada musim semi di Northern Hemisphere (belahan Bumi utara) dan musim gugur di belahan Bumi selatan.

Viral, Skripsi 1.150 Halaman di Universitas Surabaya (Ubaya), Hanya Dikerjakan 1,5 Bulan

PSG Juara Liga Perancis Sebelum Kalahkan AS Monaco 3-1, Kylian Mbappe Hattrick

Pencanangan hari bumi sendiri terinspirasi oleh banyaknya protes dan demonstrasi dari pelajar di Amerika Sertikat terkait kecamuk perang di Vietnam.

Ditambah lagi Gaylord Nelson menyaksikan kasus tumpahan minyak di pesisir Santa Barbara, California pada 1969.

Kasus tumpahan minyak ini seakan-akan menjadi katalis bagi Nelson untuk bertindak setelah sebelumnya  osoknya kerap kali menunjukkan kepeduliannya akan lingkungan.

Tercatat sejak tahun 1960-an Nelson menaruh kepedulian dan berkampanye pada isu lingkungan hidup, yang dirasanya lama hilang dari agenda negara.

Nelson mereformasi beberapa hal di Wisconsin, seperti regulasi kebersihan jalur pengairan, perlindungan terhadap sumber daya alam, dan menciptakan lapangan pekerjaan ramah lingkungan.

Atas berbagai usahanya ini, Nelson dijuluki sebagai Gubernur Konservasi.

Pada awal-awal Hari Bumi ini mulai digagas, Nelson masih memusatkan perhatian pada masalah-masalah lingkungan hidup yang mengusik kelestarian planet serta berimbas pada kesehatan manusia.

Melalui Hari Bumi ini, Nelson meminta para pendemo anti-perang yang ada untuk menyalurkan energinya juga dalam gerakan mengenai lingkungan yang juga terkena banyak dampak akibat adanya peperangan.

Di peringatan pertamanya, kegiatan Hari Bumi pun diikuti oleh 20 juta warga Amerika Serikat, dan angka tersebut terus bertambah seiring berjalannya waktu.

Saat ini hari bumi diperingati  bumi diperingati di lebih dari 175 negara dan dikoordinasi secara global oleh Jaringan Hari Bumi.

Halaman
1234
Sumber: Tribun Kaltim
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved