Tata Cara Ajukan Gugatan ke MK, Tunggu KPU Tetapkan Perolehan Suara Pemilu 2019

Tata cara ajukan gugatan ke Mahkamah Konstitusi (MK) bagi peserta pemilu 2019, pasangan calon presiden-calon wakil presiden dan calon anggota legislat

Tata Cara Ajukan Gugatan ke MK, Tunggu KPU Tetapkan Perolehan Suara Pemilu 2019
Kompas/Lucky Pransiska
Gedung Mahkamah Konstitusi, Jakarta, Selasa (21/1). 

TRIBUNBATAM.id - Tata cara ajukan gugatan ke Mahkamah Konstitusi (MK) bagi peserta pemilu 2019, pasangan calon presiden-calon wakil presiden dan calon anggota legislatif.

Mahkamah Konstitusi (MK) mempersilakan peserta pemilu mengajukan gugatan Perselisihan Hasil Pemilihan Umum (PHPU) untuk Pemilu 2019

Gugatan ke MK bisa diajukan setelah KPU menetapkan hasil perolehan suara Pemilu 2019.

"Setelah ada penetapan perolehan hasil suara secara nasional oleh KPU, jika ada yang keberatan silahkan mengajukan permohonan ke MK. Itu jalur konstitusional," kata Juru Bicara MK, Fajar Laksono, saat dihubungi, Senin (22/4/2019). 

Pasal 474 dan Pasal 475 Undang-Undang Nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemilu mengatur mengenai Tata Cara Penyelesaian Perselisihan Hasil Pemilu. 

 Disebutkan UU Pemilu, MK berwenang menyidangkan gugatan Perselisihan Hasil Pemilihan Umum (PHPU). Sidang akan digelar paling lama 3X24 Jam sejak diumumkan penetapan perolehan suara hasil pemilu peserta pemilu secara nasional oleh KPU. 

Real Count KPU Pilpres 2019 Terbaru Senin (22/4) Jam 12.00, Cek Suara Jokowi dan Prabowo di Kepri

PHPU pada Pemilu 2019 berbeda dengan pilkada serentak.

Menurut dia, tidak ada syarat jumlah atau presentase selisih perolehan suara antarcalon untuk melayangkan gugatan sengketa pemilu 2019 ke MK.

"UU tak mengatur soal batas selisih perolehan suara untuk pengajuan permohonan, karena itu, MK juga tak boleh mengatur melalui aturan di bawah UU," kata dia.

Sehingga, dia menambahkan, tidak adanya syarat jumlah atau presentase selisih perolehan suara antarcalon untuk melayangkan gugatan sengketa pemilu 2019 ke MK, membuat semua gugatan sengketa akan diterima.

Halaman
123
Editor: Agus Tri Harsanto
Sumber: Tribunnews
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved