GEMPA TERKINI

GEMPA HARI INI - Gempa 5 SR Guncang Pulau Morotai Maluku Utara, Berikut Info BMKG

Berdasarkan analisis BMKG menunjukkan informasi awal gempa bumi ini memiliki kekuatan M=5,2 yang kemudian dilakukan pemutahiran menjadi M=5

GEMPA HARI INI - Gempa 5 SR Guncang Pulau Morotai Maluku Utara, Berikut Info BMKG
TWITTER/BMKG
BMKG menunjukkan informasi awal gempa di Pualau Morotai Maluku Utara ini memiliki kekuatan M=5,2 yang kemudian dilakukan pemutahiran menjadi M=5 

TRIBUNBATAM.id, TERNATE - Gempa bumi tektonik dengan kekuatan magnitudo 5,2 mengguncang wilayah barat laut Kabupaten Pulau Morotai, Maluku Utara, Rabu (24/04/2019) pukul 09.17 WIB.

Berdasarkan analisis BMKG menunjukkan informasi awal gempa bumi ini memiliki kekuatan M=5,2 yang kemudian dilakukan pemutahiran menjadi M=5.

Episenter gempa bumi terletak pada koordinat 2,22 LU dan 128,12 BT, atau tepatnya berlokasi di laut pada jarak 29 kilometer arah barat laut Kota Daruba, Kabupaten Morotai, Provinsi Maluku Utara pada kedalaman 95 km.

Kepala BMKG Stasiun Geofika Kota Ternate, Kustoro Heriyatmoko mengatakan, dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenter, gempa bumi yang terjadi merupakan jenis gempa bumi menengah akibat aktivitas subduksi lempeng laut Filipina.

“Hasil analisis mekanisme sumber menunjukkan bahwa gempa bumi ini dibangkitkan oleh deformasi batuan dengan mekanisme pergerakan sesar naik,” katanya melalui pesan WhatsApp.

Dampak gempa bumi berdasarkan laporan masyarakat menunjukkan bahwa guncangan dirasakan di daerah Tobelo, Kabupaten Halmahera Utara, dalam skala intensitas III MMI.

Calegnya Gagal, Tim Sukses Alami Depresi Saat Ditagih Hasil Suara yang Tak Sesuai Prediksi

Jadwal Liga Inggris Man United vs Man City Malam Ini Live RCTI, Head to Head dan Prediksi Skor

Borneo FC vs Persib Bandung - Sulit Menang di Segiri, Miljan Radovic Tak Peduli Statistik

“Hingga saat ini belum ada laporan dampak kerusakan yang ditimbulkan akibat gempa bumi tersebut. Hasil pemodelan menunjukkan bahwa gempa bumi tidak berpotensi tsunami,” kata Kustoro.

Hingga pukul 11.39 WIT, Hasil monitoring BMKG belum menunjukkan adanya aktivitas gempa bumi susulan (aftershock).

Sementara, kepada masyarakat diimbau agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggung jawabkan kebenarannya.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Gempa Bumi Magnitudo 5,2 Guncang Pulau Morotai"
Editor: nandrson
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved