KARIMUN

PT Timah Tbk Pamerkan Produk Mitra Binaan di INACraft International Trade Fair 2019. Produk Karimun?

PT Timah Tbk memarkan sejumlah produk mitra binaan mereka di INACraft International Trade Fair 2019 di JCC, Senayan, Jakarta

PT Timah Tbk Pamerkan Produk Mitra Binaan di INACraft International Trade Fair 2019. Produk Karimun?
RACHTA YAHYA
Seorang pengunjung mengisi buku tamu di stan pameran PT Timah Tbk di INACraft International Trade Fair 2019 di JCC, Senayan, Rabu (25/4/2019). TRIBUN BATAM/RACHTA YAHYA 

TRIBUNBATAM.id, JAKARTA – Di sela-sela Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS) Tahunan Tahun Buku 2018, PT Timah Tbk masih menyempatkan diri menjadi bagian dari pameran kerajinan bertaraf internasional yakni 21 th INACraft International Trade Fair 2019 di Jakarta.

Pameran kerajinan tangan itu digelar di Jakarta Convention Center (JCC), Senayan dari 24-28 April 2019. Pameran tersebut resmi dibuka langsung oleh Presiden Jokowi didampingi Ibu Negara, Iriana Jokowi, Rabu (24/4/2019).

PT Timah Tbk turut berpartisipasi dengan memamerkan hasil kerajinan tangan dari UKM, mitra binaan mereka, khususnya dari Provinsi Bangka-Belitung sebagai pusat operasional PT Timah Tbk.

Berhasil Bukukan Laba Bersih Rp 531 Miliar Lebih, PT Timah Tbk Targetkan Laba Rp 1,2 T pada 2019 Ini

Dirut PT Timah Tbk yang Baru Temui Bupati Karimun Aunur Rafiq. Ini Alasannya

Keren! PT Timah Bakal Jadikan Batik Karimun Pakaian Kerja, 12 Warga Dilatih Khusus Kerajinan!

Sayangnya, tidak ada hasil kerajinan dari UKM kami di Pulau Kundur atau Kabupaten Karimun, sebagai salah satu unit operasional PT Timah Tbk.

Kepala Bidang Program Kemitraan PT Timah Tbk, Erwan Sudarto yang ditemui di stan pameran PT Timah Tbk mengatakan, tidak tampilnya hasil kerajinan tangan dari mitra binaan mereka asal Pulau Kundur atau Kabupaten Karimun pada umumnya bukan dikarenakan tidak ada mitra binaan, melainkan terbentur aturan dari pihak penyelenggara.

“Pameran ini hanya membolehkan produk-produk kering bukan basah. Selain itu, waktunya juga sangat mepet. Mudah-mudahan tahun berikutnya, akan ada hasil kerajinan tangan asal Kabupaten Karimun yang dapat kami tampilkan di sini,” kata Erwan Sudarto.

Erwan mengatakan, UKM mitra binaan PT Timah Tbk di Karimun cukup banyak hingga mencapai ratusan UKM.

Bahkan tahun 2018 lalu saja, ia mengatakan, PT Timah Tbk telah mengucurkan dana pinjaman lunak sekitar Rp 3 miliar.

15 Pelaku UMKM di Karimun Terima Dana Kemitraan, PT Timah Salurkan Rp 3,2 Miliar

Sekolah di SMA Unggulan PT Timah, Bupati Lepas Pelajar Karimun ke Bangka Belitung

PT Timah Klaim Cadangan Bijih di Perairan Pongkar Berkualitas, Ini Penjelasannya

“Kami akan sangat bangga sekali, jika mitra binaan kami dapat berkembang dan maju. Salah satunya dengan cara promosi mengikuti pameran-pameran seperti ini. Cuma memang terkadang, kami tidak bisa bawa semuanya,” kata Erwan.

Mitra binaan di Karimun, dikatakan Erwan banyak bergerak di bidang peternakan dan perdagangan sesuai dengan kondisi daerahnya sebagai kota industri baru di Kepri.

Salah satu produk mitra binaan yang saat ini menjadi perhatian pihaknya, yakni madu Klutut asal Sawang, Kecamatan Kundur Barat atau tak jauh dari unit operasional PT Timah Tbk di Desa Prayun, Kundur Barat.

Erwan bahkan berencana mengikutkan madu Klutut tersebut dalam pameran-pameran agar semakin dikenal luas masyarakat calon konsumen.

Meski pameran baru saja dibuka, Erwan mengaku stan PT Timah Tbk cukup ramai pengunjung, bahkan sejumlah produk sudah laku terjual.

Produk kerajinan tangan yang ditampilkan di stan PT Timah Tbk antara lain pakaian hasil rajutan tangan, asesoris dari akar Bahar, tas dari barang-barang bekas yang didaur ulang. (tribunbatam.id/rachta yahya)

 

ReplyReply allForward

Penulis: Rachta Yahya
Editor: Rachta Yahya
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved