BATAM TERKINI

Habibie Ingatkan Lagi Mimpinya, Ingin Batam Jadi Pusat Industri Dirgantara

Presiden RI ke-3 BJ Habibie berkunjung ke Batam dan menegaskan kembali mimpi awalnya, untuk membangun industri dirgantara di Batam.

Habibie Ingatkan Lagi Mimpinya, Ingin Batam Jadi Pusat Industri Dirgantara
TRIBUN BATAM/DIPA
Habibie menginginkan Batam menjadi pusat industri dirgantara 

TRIBUNBATAM.id - Presiden RI ke-3 BJ Habibie berkunjung ke Batam dan menegaskan kembali mimpi awalnya, untuk membangun industri dirgantara di Batam.

Batam akan dijadikan pusat produksi pesawat terbang, sehingga dapat menjadi penghubung untuk seluruh wilayah di Indonesia.

Saat pertama kali datang ke Batam, Bapak Pembangunan Batam ini sudah menyampaikan niatannya kepada Perdana Menteri Singapura saat itu, Lee Kuan Yew.

Ia ingin menjadikan Batam sebagai pusat industri dirgantara. Hal ini dipertegasnya saat datang lagi ke Batam.

"Saya datang kemari (Batam) bukan hanya untuk Pollux. Saya sudah putuskan untuk industri dirgantara pusatnya akan ada di Batam," kata Habibie, Senin (29/4/2019).

Untuk memproduksi pesawat terbang ini, Indonesia bisa bekerjasama dengan Singapura, atau Malaysia. Atau siapa saja sesuai kemampuannya.

Inilah Lokasi MRO Lion Air Batam yang Ditinjau Habibie, Tak Sembarang Orang Bisa Masuk

Habibie Tinjau Proyek Impian Mulia Ibu Ainun usai dari MRO Lion Air di Batam

"Kita sudah buktikan. Kita mampu membuatnya. Kita sudah kembangkan tiga pesawat terbang. Saya mau pindahkan kemari (Batam), dan semuanya high-tech," ujarnya.

Dikatakan, dalam pembuatan pesawat terbang, 40 persen bahan bakunya diproduksi Boeing, sedangkan 60 persennya diproduksi supplier.

"Tapi vendor companies harus bersaing. Dia akan datang sedekat mungkin di tempat yang nyaman, ada prasarana, ekonomi yang baik, ada sistem yang baik, peraturan yang baik, transparan dan seterusnya," kata Habibie.

Unggah Foto Bersama Keluarga Sang Mantan Istri, Hanung Bramantyo & Zaskia Mecca Banjir Pujian!

VIDEO Ketegangan Kapal Vietnam Tabrak KRI Tjiptadi-381 di Laut Natuna Utara

Mengapa pesawat terbang?

Habibie menegaskan, dalam pembangunan dan pengembangan produk-produk di Indonesia dari Sabang sampai Merauke, infrastruktur menjadi hal penting.

Halaman
123
Penulis: Dewi Haryati
Editor: Agus Tri Harsanto
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved