Pemerintah Wacanakan Pindah Ibukota. 12 Negara Sudah melakukannya, Tiga di Asia Tenggara

Sudah banyak negara yang memindahkan ibukotanya, termasuk di Asia Tenggara, sudah ada tiga negara yang memindahkan ibukotanya.

Pemerintah Wacanakan Pindah Ibukota. 12 Negara Sudah melakukannya, Tiga di Asia Tenggara
CNN
Putrajaya, ibukota pemerintahan Malaysia 

TRIBUNBATAM.ID - Wacana pemindahan ibukota sedang digagas oleh Presiden Joko Widodo dalam rapat terbatas di kantor presiden, Jakarta, pada Senin (29/4/2019).

Pemindahan pusat pemerintahan negara tersebut direncanakan untuk pengembangan Indonesia ke depan dan lokasi yang dipilih kemungkinan di luar Pulau Jawa

BREAKING NEWS, Presiden Jokowi Putuskan Ibukota Negara Pindah ke Luar Jawa

Presiden Jokowi Putuskan Pindahkan Ibu Kota ke Luar Jawa, Ini Daftar 3 Kota yang Menjadi Alternatif

Insiden KRI Tjiptadi Ditabrak Kapal Vietnam di Perairan Natuna, Kemlu RI Panggil Kedubes Vietnam

Pemindahan ibukota administrasi pemerintahan bukanlah hal yang baru di dunia.

Sudah banyak negara yang memindahkan ibukotanya, termasuk di Asia Tenggara, sudah ada tiga negara yang memindahkan ibukotanya.

Berikut 12 negara yang memindah pusat pemerintahannya dirangkum TribunBatam.id dari  Trigbunnews dan berbagai sumber:

1.  Malaysia

 Ibukota Malaysia awalnya Kuala Lumpur, tetapi saat ini ibukota negara jiran Malaysia itu dipindahkan ke sebuah "pulau" kecil yang letaknya sekitar 35 kilometer, yakni Putrajaya.

Putrajaya diresmikan pada tahun 19 Oktober 1995, di masa pemerintahan Mahathir Mohamad pertama.

Pulau kecil seluas 49km2 itu kemudian diberi nama Putrajaya yang diambil dari nama Perdana Menteri Malaysia pertama, Tunku Abdul Rahman Putra.

Selain ibukota pemerintahan, Putrajaya juga salah satu destinasi wisata yang menarik di Malaysia karena ada danau buatan serta berbagai bangunan dengan arsitek khas Melayu.

Di Putrajaya ini juga ada convention hall raksasa yang bisa menampung 4.000 peserta.

Meskipun demikian, nama Putrajaya masih belum sepopuler Kuala Lumpur sehingga sampai saat ini, Putrajaya hanya dianggap sebagai bagian dari Kuala Lumpur.

2. Vietnam

Setelah perang saudara Vietnam tahun 70-an usai antara aliran komunis dan liberal, negara itu kemudian memindahkan ibukotanya dari Ho Chi Minh atau Saigon di wilayah selatan ke utara, Hanoi.

Berbeda dengan Malaysia yang pemindahan ibukotanya karena faktor kepadatan Kuala Lumpur yang luar biasa, pemindahan ibukota Vietnam beralasan politik setelah Vietkong berhasil mengalahkan Vietnam selatan yang didukung oleh Amerika Serikat.

Perang Vietnam adalah perang paling buruk dan paling memalukan dalam sejarah AS karena ratusan ribu pasukannya tewas di Vietnam.

Hanoi yang terletak di pinggir Sungai Merah dulunya adalah ibukota Vietnam Utara yang dikuasai komunis dari tahun 1954 hingga 1976.

Meskipun demikian, sala halnya dengan Kuala Lumpur, Ho Chi Minh tetap menjadi kota perdagangan terbesar di Vietnam hingga saat ini.

3. Myanmar

Dikutip dari BBC, penguasa militer Myanmar memindahkan ibukota 320 km (200 mil) utara dari Rangoon (Yangon) pada 2005, ke sebuah situs yang saat itu tidak dibangun secara resmi.

Kawasan itu dinamai tahun berikutnya sebagai Naypyidaw.

Ibukota baru  ini lebih terpusat dan strategis meskipun beberapa di Myanmar percaya bahwa tindakan tersbeut dipicu peringatan dari seorang peramal tentang serangan militer asing.

4. Brasil

Brasil merampungkan kota yang dibangun dengan tujuan khusus dan terletak di pusat, yakni Brasilia.

Halaman
1234
Penulis: Alfian Zainal
Editor: Alfian Zainal
Sumber: Tribunnews
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved