Amerika Serikat Bersedia Kembalikan Rp 2,9 Triliun yang Disita dari Skandal 1MDB

Pemerintah Amerika Serikat bersedia mengembalikan AS$ 200 juta atau sekitar Rp 2,9 triliun yang disita dari hasil pencucian uang skandal 1MDB

Amerika Serikat Bersedia Kembalikan Rp 2,9 Triliun yang Disita dari Skandal 1MDB
thecoverage.my
Riza Aziz (kiri), anak tiri Najib Razak yang dituduh memproduksi film Hollywood menggunakan dana hasil korupsi 1MDB 

TRIBUNBATAM.id, WASHINGTON - Pemerintah Amerika Serikat bersedia mengembalikan AS$ 200 juta atau sekitar Rp 2,9 triliun yang disita dari hasil pencucian uang skandal 1MDB (1 Malaysia Development Berhad.

Jumlah tersebut terdiri atas US$ 140 juta dari penjualan saham Hotel Park Lane di New York dan sekitar US$ 60 juta lagi dari produser film ‘Wolf of the Wall Street” yang dibuntangi oleh Leonardo DiCaprio.

Pengembalian dana tersebut akan dilakukan oleh pihak AS pada pekan depan, demikian sumber-sumber yang dilansir TribunBatam.ID dari Berita Harian Malaysia.

Sidang Skandal 1MDB - Bank Ungkap Transfer Rp 210 Miliar ke Rekening Pribadi Najib Razak

Najib Blak-blakan. Akui Jho Low Tipu Malaysia, Tetapi Salahkan Goldman Sachs dalam Skandal 1MDB

Dalam Rentang 3 Bulan, Rekening Rosmah Mansor Disiram Rp 7 Miliar, Pria Ini Penyetornya

Seperti diketahui, Departemen Kehakiman (DoJ) AS menyita sejumlah uang yang berasal dari hasil korupsi 1MDB, perusahaan investasi yang didirikan mantan PM Najib Razak.

Sebagian uang 1MDB tersebut dibawa ke luar negeri oleh Jho Low yang saat ini masih buron serta Riza Aziz, anak tiri Najib Razak untuk memproduksi film ‘Wolf of the Wall Street”.

Sebagian besar dana skandal 1MDB tersebut, oleh Jho Low --yang hingga kini masih buron-- dibelikan properti, kapal yacht mewah serta hadiah bagi sejumlah artis, termasuk perhiasan mewah untuk mantan pacarnya, Miranda Kerr.

Riza Aziz sendiri mengaku bersalah di pengadilan AS sehingga ia dipaksa mengembalikan dana produksi film tersebut.

Meski demikian, jumlah tersebut masih kecil dari uang yang dijarah dalam skandal 1MDB, yakni sekitar US 4,5 miliar atau sekitar Rp 655 triliun

Sebelumnya, Singapura juga sudah memulangkan US$11.1 juta dari dua kantor bank Swiss tahun lalu dan bersedia memulangkan sekitar US$35 juta lagi dari para petinggi Goldman Sachs di Singapore, Roger Ng dan keluarganya.

Najib Razak tiba di Pengadilan Tinggi Malaysia untuk memulai persidangan kasus korupsinya dalam skandal 1MDB
Najib Razak tiba di Pengadilan Tinggi Malaysia untuk memulai persidangan kasus korupsinya dalam skandal 1MDB (The Star Malaysia)

Sebelumnya, Mahathir juga meminta bantuan Indonesia untuk memulangkan kapal pesiar mewah milik Jho Low yang disita di perairan Bali.

Halaman
123
Penulis: Alfian Zainal
Editor: Alfian Zainal
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved