Menteri Susi Pudjiastuti Pimpin Penenggelaman Kapal Ikan Asing, Paling Banyak Kapal Ikan Vietnam

Menteri Susi Pudjiastuti Pimpin Penenggelaman Kapal Ikan Asing, Paling Banyak Kapal Ikan Vietnam

Menteri Susi Pudjiastuti Pimpin Penenggelaman Kapal Ikan Asing, Paling Banyak Kapal Ikan Vietnam
KOMPAS.com/ YAMIN ABD HASAN
Ilustrasi/Menteri Susi Pudjiastuti Pimpin Penenggelaman Kapal Ikan Asing, Paling Banyak Kapal Ikan Vietnam 

Menteri Susi Pudjiastuti Pimpin Penenggelaman Kapal Ikan Asing, Paling Banyak Kapal Ikan Vietnam

TRIBUNBATAM.id - Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti memimpin langsung penenggelaman kapal asing pencuri ikan di perairan Indonesia.

Penenggelaman kapal pencuri ikan yang baru saja dilakukan dilaksanakan di perairan Pulau Datuk, Kabupaten Mempawah, Kalimantan Barat, Sabtu (4/5/2019).

Pemusnahan barang bukti 13 kapal ikan asing (KIA) itu berbendera Vietnam yang merupakan barang bukti tindak pidana illegal fishing hasil tangkapan PSDKP Pontianak.

Dan barang bukti kapal berbendera Vietnam yang dimusnahkan, yakni KH 95563 TS , BV 93573 TS, BV 0270 TS, BV 0348 TS, BV 93797 TS, BV 92413 TS, BV 90739 TS, BV 5135 TS, BWF MA14, BV 5431 TS, BV 5183 TS, BV 97679 TS dan BV 5185 TS.

Susi Pudjiastuti menuturkan penenggelaman kapal sebetulnya adalah sebuah amanah undang-undang yang memang harus dilakukan dan melihat dari apa yang telah terjadi di negeri kita selama beberapa tahun-tahun.

Susi menegaskan penggelaman barang bukti kapal merupakan satu-satunya yang terbaik untuk kapal kapal pencuri ikan.

"Ini kita lakukan efektif ,para maling pergi dan peningkatan sumber daya Ikan kita dari 7 juta ton menjadi 12 juta ton dan kemudian 2 tahun lalu kita cek lagi naik jadi 13 juta ton dan neraca perdagangan di Asia Tenggara yang belum pernah dan selalu nomor buntut tapi sekarang kita nomor satu terbesar di dunia," katanya.

Dikejar Berputar-Putar di Perbatasan, KRI Bung Tomo-357 Amankan Kapal Ikan Vietnam

Curiga Bentuk Kapal Aneh, Beginilah Detik-detik KP Baladewa 8002 Tangkap Kapal Ikan Vietnam

Harumkan Nama Kampus, Pria Asal Indonesia Terima Penghargaan di Amerika Serikat

Ia menerangkan saat ini ada 56 Kapal ilegal yang belum inkrah ditambah dengan tangkapan lainnya dengan total semua masih ada 90 yang masih banding dan belum inkrah.

"Saya harapkan 90 ini tidak berkurang semua keputusannya untuk dimusnahkan demikian terima kasih." ujarnya.

Susi juga membagikan video penenggelaman kapal asing pencuri ikan lewat akun twitternya. Dia juga menyatakan tetap akan melakukan penenggalaman kapal asing pencuri ikan di laut Indonesia.

Gubernur Kalbar Mendukung

Gubenur Kalbar H Sutarmidji dukung keputusan Menteri Kelautan dan Perikanan RI memusnakah barang bukti berupa 13 kapal berbendera Vietnam.

"Pemusnahan barang bukti dalam kasus nelayan dari luar yang melakukan kegiatan ilegal fhising di wilayah perairan Indonesia, Saya sebagai Gubernur sangat mendukung keputusan ini,"ujar Gubernur Kalbar H Sutarmidji pada Sabtu (4/5/2019). 

"Cuma kadang perlu kita berikan satu pemikiran supaya barang bukti tindak pidana perikanan cepat ditindak jangan dibiarkan lama kalau perlu membuat aturan-aturan final bahwa barang bukti langsung atau tidak langsung ditetapkan," tuturnya.

UPDATE! Hasil Real Count KPU Pilpres 2019 Jokowi vs Prabowo, Minggu (5/5) Pagi Pukul 04.00 WIB

Hasil Akhir Newcastle vs Liverpool, Menang Tipis, The Reds Kembali Puncaki Klasemen Liga Inggris

Hasil Akhir Celta Vigo vs Barcelona, Tanpa Lionel Messi, Barcelona Takluk 0-2 dari Celta Vigo

"Saya juga ingin ada berapa untuk mempermudah regulasi dari sisi perizinan antara celah-celah perairan antara 1 provinsi dengan provinsi lain yang harus langsung diatur oleh pusat," katanya. (*)

Artikel ini telah tayang di Tribunnews.com dengan judul Menteri Susi ‎Tenggelamkan 13 Kapal Berbendera Vietnam di Perairan Pulau Datok

Editor: Danang Setiawan
Sumber: Tribunnews
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved