BATAM TERKINI

Penentapan Ramdhan 1440 H, Hilal Tertutup Awan dan Sulit Terlilhat di Batam

“Kita tidak bisa melihat hilal karena terlindung oleh awan, sehingga kami mengikuti penghitungan hisab sambil menunggu keputusan sidang isbat, Kemenag

Penentapan Ramdhan 1440 H, Hilal Tertutup Awan dan Sulit Terlilhat di Batam
TRIBUNBATAM.id/ALFADI SIMAMORA
Kepala Kemenag Batam, Zulkarnain Umar saat melihat posisi hilal melalui teleskop yang berlangsung di bukit Tanjungpinggir Sekupang, Minggu (5/5/2019) 

TRIBUNBATAM.id, BATAM - Meski penetapan 1 Ramadhan 1440 Hijriah di Kota Batam menyerahkan keputusan sidang isbat di Jakarta, Minggu (5/5/2019), peneropongan hilal yang dilakukan di Tanjungpinggir, Sekupang tidak bisa terlihat melalui teleskop lantaran terlindung awan.

“Kita tidak bisa melihat hilal karena terlindung oleh awan, sehingga kami mengikuti penghitungan hisab sambil menunggu keputusan sidang isbat, Kemenag RI di Jakarta,” ujar Kepala Kemenag Batam, Zulkarnain Umar yang ikut melakukan peneropongan di Tanjungpinggir.

Adapun tujuan dari pemantauan Hilal yang dilakukan Kementrian Agama (Kemenag) Kota Batam bersama Tim Rukyat Hilal tersebut dilakukan untuk menentukan awal Ramadan 1440 Hijriyah.

Peneropongan Hilal menggunakan teleskop itu dimulai sekitar pukul 17.36 WIB.

Untuk pemantauan anak bulan atau hilal, dari pengamatan yang dilakukan menggunakan teleskop, anak bulan atau hilal terlihat berada di ketinggian 6 derajat,"ujarnya.

PUASA RAMADHAN 1440 H, Kemenag RI Sidang Isbat Awal Puasa Minggu, 5 Mei, Ini Lokasi Lihat Hilal

Metode atau Cara Melihat Hilal Jelang Sidang Isbat Puasa Ramadhan 2019, Penentuan Awal Puasa

Keutamaan Sholat Isyraq Dapat Pahala seperti Haji dan Umroh, Bisa Dikerjakan di Bulan Ramadhan 2019

Inilah 10 Negara dengan Durasi Waktu Puasa Ramadhan 2019 Terlama dan Tercepat

Zulkarnain menuturkan, bahwa berdasarkan hasil pantauan tersebut, dipastikan awal Ramadhan tahun ini jatuh pada Senin (6/5/2019).

Namun, Kemenag Batam tetap mengimbau masyarakat untuk menunggu penetapan 1 Ramadan 1440 H dari Keputusan Menteri Agama melalui sidang itsbat.

Sedangkan untuk hasilnya hari ini boleh dikatakan hampir pasti, karena Minggu ini sudah 29 Sya'ban. Di 29 ini pihaknya melihat dari selisi hilal memang sudah berada pada posisi 6 derajat.

Dimana 6 derajat itu boleh dinyatakan sudah pasti besok 1 Ramadhan.

"Hasil ini langsung dilaporkan kepada Menteri Agama sebagai bahan pertimbangan dalam sidang Isbat penentuan awal Ramadan," katanya.

Sementara itu, Kasi dan Informasi Stasiun Meteorologi BMKG Hang Nadim Batam, Suratman menyampaikan, bahwa di Kepri, rata-rata secara perhitungan dari BMGK sudah 6 derajat.

Hanya untuk pengamatan kali ini di bukit Tanjungpinggir tim memang agak terhalang di operasional peralatan, dan kondisi awan tertutup diakibatkan adanya awan comulus yang cukup tebal.

"Jadi sudah kita yakinkan bahwa sekiranya besok (Senin red) itu sudah masuk 1 Ramadhan," katanya.(tribunbatam.id/alfandi simamora)

Penulis: Alfandi Simamora
Editor: Zabur Anjasfianto
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved