ANAMBAS TERKINI

Bupati Abdul Haris Minta Masyarakat Ambil Peluang dari Potensi Pariwisata Anambas, Ini Alasannya

Haris sempat berwacana agar Pemerintah Daerah masuk dan membuat pengadaan kapal dengan spesifikasi ‎khusus untuk memancing

Bupati Abdul Haris Minta Masyarakat Ambil Peluang dari Potensi Pariwisata Anambas, Ini Alasannya
tribunbatam/septyan mulia rohman
Bupati Anambas Abdul Haris 

TRIBUNBATAM.id, ANAMBAS - Bupati Kabupaten Kepulauan Anambas, Abdul Haris meminta masyarakat untuk menangkap peluang dari potensi pariwisata di Anambas.

Terdiri dari pulau-pulau kecil dan eksotis serta potensi kelautan dan perikanannya, ia sempat terpikir apakah ada masyarakat yang memiliki kapal dengan spesifikasi khusus untuk membawa wisatawan memancing.

"Pemilihan Legislatif dan Pemilihan Presiden sudah kita lewati. Sekarang, bagaimana kita memikirkan untuk Anambas lebih maju ke depan."

"Kalau diperhatikan, kunjungan wisata sudah bergerak yang tentunya berdampak pada ekonomi yang memiliki hubungan erat," ujarnya Senin (6/5/2019).

Saran akan adanya kapal yang spesifikasinya khusus untuk melayani wisatawan memancing muncul saat ia menerima komunitas memancing dari China yang datang ke Anambas beberapa waktu lalu.

Mereka tertarik dengan potensi kelautan dan perikanan di Anambas, serta berjanji membawa kembali kawan-kawannya untuk membuat festival di Anambas.

Klasemen MotoGP Setelah Marc Marquez Juara GP Spanyol & Kuasai Klasemen, Valentino Rossi Turun

Wajib Tahu, Simak 8 Hal yang Bisa Membatalkan Puasa Ramadhan

Hasil, Klasemen & Top Skor Liga Italia Setelah Juve & Inter Seri, Napoli Menang, Quagliarella 25 Gol

Hasil MotoGP Spanyol, Marc Marquez Juara, Valentino Rossi Akui Vinales Lebih Baik

Peluang yang harus cepat ditangkap masyarakat ini, menurut Bupati adalah menjadi pemasukan yang berdampak pada peningkatan ekonomi masyarakat.

"Mereka senang betul pas memancing dapat Kerapu Sonok Merah, dan mereka akan kembali datang membawa kawan-kawannya ke Anambas untuk membuat festival."

"Maksud saya, masyarakat harus ambil peluang itu. Saya lihat, belum ada kapal untuk memancing. Bukan memancing seperti biasa. Kalau ada, bisa disewa jadi income yang luar biasa," ungkapnya.

Haris sempat berwacana agar Pemerintah Daerah masuk dan membuat pengadaan kapal dengan spesifikasi ‎khusus untuk memancing.

Ia pun tidak mengelak, kalau dalam membangun pariwisata tidak bisa dilakukan secara instan serta memerlukan proses, termasuk kerjasama dan peran serta semua pihak.

Sektor pariwisata yang mulai menggeliat ini, enurutnya juga menjadi titik peningkatan ekonomi masyarakat di Kabupaten Kepulauan Anambas.

"Kita lihat nanti lah. Kalau memang tidak ada (kapal khusus untuk memancing), saya berpikir Pemerintah masuk ke sana. Apakah pakai APBD atau hibah, nanti akan dikaji lagi. Yang jelas, perlu kerjasama semua pihak dalam membangun pariwisata di Anambas ini," ungkapnya.(tribunbatam.id/tyn)

Penulis: Septyan Mulia Rohman
Editor: nandrson
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved