Donald Trump Mengamuk. China Tiba-tiba Mundur dari Rancangan Kesepakatan Dagang yang Disusun

Negosiasi berbulan-bulan menghasilkan rancangan setebal hampir 150 halaman, hancur lebur setelah China menarik hampir seluruh poin kesepakatan

Donald Trump Mengamuk. China Tiba-tiba Mundur dari Rancangan Kesepakatan Dagang yang Disusun
Thinkstock.com/andriano_cz
Ilustrasi perang dagang 

TRIBUNBATAM.id, WASHINGTON - Hubungan diplomatik antara Beijing dan Washington kembali memanas.

Negosiasi berbulan-bulan yang menghasilkan rancangan kesepakatan setebal hampir 150 halaman, hancur lebur setelah China menarik hampir seluruh poin kesepakatan.

Sumber Reuters menyebutkan, dokumen itu penuh dengan upaya China untuk membalikkan tuntutan inti AS. 

Kelakuan Penumpang yang Bikin Repot Maskapai China. Buka Pintu Darurat Hingga Lempar Koin ke Mesin

Heboh Penemuan Ikan Duyung Terdampar di Pelantar Rumah Warga di Tanjungpinang, Begini Kondisinya

Dari tujuh bab rancangan perjanjian dagang, China telah menghapus komitmennya untuk mengubah UU untuk menyelesaikan keluhan inti yang menyebabkan AS melancarkan perang dagang.

Yakni, pencurian kekayaan intelektual AS dan rahasia dagang, transfer paksa teknologi, kebijakan persaingan, akses layanan keuangan dan manipulasi mata uang.

Perwakilan Dagang AS Robert Lighthizer dan Menteri Keuangan Steven Mnuchin sangat terkejut dengan perubahan sikap China tersebut.

Buntutnya, Presiden AS Donald Trump menanggapinya lewat sebuah cuitan pada Minggu (5/5/2019) yang berisi ancaman untuk menaikkan tarif barang-barang China senilai US$ 200 miliar dari 10% menjadi 25% pada Jumat pekan ini.

Bahkan AS lewat pengumuman yang diposting di daftar Federal mengatakan bahwa tarif yang lebih tinggi mulai berlaku Jumat ini.

Pada Hari Rabu (8/5), Trump mengatakan keliru jika China berharap untuk bernegosiasi dagang dengan pemerintahan presidensial demokrat.

Halaman
1234
Editor: Alfian Zainal
Sumber: Kontan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved