Tetapkan Pansel Calon Pimpinan KPK Jilid V, Jokowi Jamin Pansel KPK Kredibel

"Panitia seleksi ini adalah beliau-beliau yang menyeleksi calon ketua, komisioner di KPK. Kita serahkan pada Pansel, saya kira mereka adalah figur yan

Tetapkan Pansel Calon Pimpinan KPK Jilid V, Jokowi Jamin Pansel KPK Kredibel
KOMPAS.com/GARRY ANDREW
Kantor KPK 

TRIBUNBATAM.id - Presiden Jokowi yakin pansel calon pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) yang ditetapkannya, menjamin kualitas dan transparansi.

Jokowi menetapkan sembilan anggota Panitia Seleksi (Pansel) Calon Pimpinan KPK jilid V untuk masa jabatan tahun 2019-2023 sehubungan akan berakhirnya masa jabatan pimpinan KPK pada 21 Desember 2019.

"Panitia seleksi ini adalah beliau-beliau yang menyeleksi calon ketua, komisioner di KPK. Kita serahkan pada Pansel, saya kira mereka adalah figur yang sangat kredibel dan memiliki kapasitas untuk menyeleksi. Tapi nanti tahap akhir ada di DPR," ujar Jokowi saat ditemui di Pasar Badung, Bali, Sabtu (18/5/2019).

Jokowi mengatakan pihaknya hanya menyiapkan panitia seleksi, nantinya diharapkan yang terpilih betul-betul terbaik dan diserahkan ke DPR untuk diseleksi lagi baru keluar hasilnya.

Lantas di pimpinan KPK jilid V nanti, apakah ada penekanan khusus dari Jokowi seperti pimpinan harus ada yang perempuan?

Antusias Warga Batam Besar, Wali Kota Tambah 10 Hari Pelaksanaan Pasar Murah TPID

Ramalan Zodiak Cinta Besok, Minggu ( 19/5/2019), Aries Menemukan Cinta, Libra Sakit Hati

Gibran Rakabuming Singgung Film Sexy Killers & Sebut Soal Komisaris Batu Bara: Kotor Kan Mukanya!

Ingin Dapatkan Udara Segar, Penumpang Ini Pecahkan Kaca Kereta Cepat  

Diketahui di era pimpinan KPK jilid IV ada satu perempuan yakni Basaria Panjaitan yang berasal dari Polri.

"Enggak, yang penting tekanannya pada pencegahan dan penindakan," tambah Jokowi.

Penetapan Pansel Calon Pimpinan KPK tertuang dalam Keputusan Presiden Republik Indonesia Nomor 54/P Tahun 2019 Tentang Pembentukan Panitia Seleksi Calon Pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi Masa Jabatan Tahun 2019-2023 yang ditandatangani oleh Presiden Joko Widodo pada Jumat (17/5/2019).

Pansel Capim KPK 2019-2023 dipimpin Yenti Ganarsih sebagai ketua. Yenti adalah seorang akademisi Dosen Fakultas Hukum Universitas Trisakti.

Guru Besar Hukum Pidana Universitas Indonesia, yang juga mantan Plt Pimpinan KPK, Indriyanto Senoadji, ditetapkan menjadi wakil ketua pansel.

Halaman
123
Editor: Zabur Anjasfianto
Sumber: Tribunnews
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved