Tak Sekadar Menyediakan Uang Tunai, Perbankan Siaga Menyambut Lebaran

“Kami telah menyiapkan kebutuhan kas rata-rata per minggu Rp 14,3 triliun, atau rata-rata per hari sebesar Rp. 2,04 triliun yang disiapkan mulai 6 Mei

Tak Sekadar Menyediakan Uang Tunai, Perbankan Siaga Menyambut Lebaran
Seorang nasabah wanita sedang mendapat layanan di Teller BNI Syariah Batam belum lama ini. 

TRIBUNBATAM.id - Bank-bank besar siaga menyambut kebutuhan lebaran.

Tak sekadar menyediakan uang tunai, beberapa kantor cabang pun akan tetap dioperasikan guna menunjang kebutuhan transaksi nasabah.

Direktur Informasi Teknologi dan Jaringan PT Bank Negara Indonesia Tbk (BBNI, anggota indeks Kompas100 ini) Dadang Setiabudi mengatakan pihaknya telah menyiapkan ketersediaan uang tunai hingga Rp 21,6 triliun pada puncak libur Idul Fitri.

“Kami telah menyiapkan kebutuhan kas rata-rata per minggu Rp 14,3 triliun, atau rata-rata per hari sebesar Rp. 2,04 triliun yang disiapkan mulai 6 Mei 2019 hingga 8 Juni 2019. Sementara kebutuhan puncak di akhir Bulan Ramadhan sejak 27 Mei 2019 hingga 2 Juni 2019 sebesar Rp 21,6 tirliun,” kata Dadang, Minggu (19/5/2019).

Ditipu Pelanggannya, Bos Toko Handphone di Tangerang Dibayar Rp 138 Juta dengan Potongan Koran

Tingkatkan Silahturahmi dengan Para Hijabers Muslimah, Azzura Models Gelar Beauty Ramadhan

Mengenaskan! Pegawai Minimarket Diseret Pacar Pakai Motor di Bulukumba, Begini Kronlogisnya

RSPAD Bakal Laporkan ke Polisi, Penyebar Hoaks Anggota TNI Meninggal Dunia karena Cacar Monyet

Selain itu, Dadang juga menyampaikan selama libur Lebaran, hanya pada 5 Juni 2019 outlet-outlet BNI tidak akan beroperasi. Sedangkan sisanya, 68 outlet operasional terbatas, 79 outlet weekend banking, 14 outlet digital branch serta, 74 O-Branch yang ditempatkan pada 90 titik lokasi Jalur Mudik dan lokasi-lokasi strategis lainnya akan tetap beroperasi.

117.415 agen Laku Pandai perseroan yaitu Agen46 BNI juga akan tetap melayani kebutuhan transaksi nasabah. Ditambah ATM, dan channel elektronik juga tetap akan tetap beroperasi selama 24 jam.

“Selama libur lebaran, kami akan tetap melayani kebutuhan nasabah melalui layanan perbankan terbatas meliputi pembukaan maupun maintenance rekening, tarik, setor, pemindahbukaan rekening. setoran BBM Pertamina Banknotes, Bill payment, Collect Document Trade. Sementara untuk penyelenggaran Kliring dan RTGS dilayani secara normal mengacu kebijakan operasional Bank Indonesia,” papar Dadang.

Bank pelat merah lainnya, yaitu PT Bank Mandiri Tbk (BMRI, anggota indeks Kompas100 ini) juga telah menyiapkan hal serupa. Sepanjang libur lebaran, bank berlogo pita emas ini akan menyiapkan uang tunai Rp 54,9 triliun.

“Kami siapkan uang tunai RP 54,9 triliun, atau sekitar Rp 1,9 triliun per hari selama libur Lebaran. Dari nilai tersebut 80% akan digunakan untuk isi ATM, sedangkan 20% akan digunakan untuk transaksi di cabang,” kata Direktur Bisnis dan Jaringan Herry Gunardi usai RUPST Bank Mandiri di Jakarta pekan lalu.

Sementara untuk kantor cabang, Herry bilang selama libur Lebaran akan ada 355 kantor cabang yang akan beroperasi secara bergiliran di titik-titik strategis jalur mudik. Perseroan di sebutkan Herry juga telah menyiapkan pembelian maupun pengisian ulang e-money di beberapa titik pintu tol Trans Jawa.

“Untuk e-money juga ada beberapa titik di pintu tol untuk isi saldo, terutama di lintas jawa, mulai Merak hingga Banyuwangi. Di sana kami menyediakan untuk beli baru, maupun isi saldo,” lanjutnya.

Akibat Aksi Jambret, Satu Keluarga, Saumi, Istri dan Anak Usia 2 Tahun Ini Alami Kecelakaan 

Kabar Anggota TNI Meninggal Karena Cacar Monyet itu Hoaks, Ini Penjelasan Kapendam Sriwijaya

Pintu Masuk dan Lahan Parkir Jadi Perhatian, Nurdin Sidak Pelabuhan Sri Bintan Pura

Begal di Batam, Polisi Kantongi Identitas Pelaku, Dua Security Hotel Vista IKut Diperiksa

Tak hanya bank pelat merah, bank swasta PT Bank CIMB Niaga Tbk (BNGA, anggota indeks Kompas100 ini) pun siap menyambut libur lebaran dengan tetap memmberikan layanan yang optimal kepada nasabahnya.

Direktur Konsumer CIMB Niaga Lani Darmawan bilang, perseroan juga telah menyiapkan hal tersebut sejak jauh hari. Sebab, Lani bilang, kebutuhan libur lebaran sejatinya bisa diantisipasi lantaran rutin terjadi tiap tahunnya.

“Kesiapan sudah kami lakukan jauh-jauh hari mulai dari kesiapan ATM, EDC, call center sampai dengan penukaran uang. Kami juga ada mobil kas di Monas, Jakarta agar nasabah bisa menukarkan uang di sana,” jelas Lani. (*)

Artikel ini telah tayang di Kontan.co.id dengan judul Perbankan siaga menyambut lebaran

Editor: Zabur Anjasfianto
Sumber: Kontan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved