Wings Air Buka Rute Karimun-Batam, Penerbangan Perdana Pekan Depan

Maskapai Wings Air akan membuka rute penerbangan Karimun-Batam. Penerbangan perdana rencananya pada 30 Mei 2019.

Wings Air Buka Rute Karimun-Batam, Penerbangan Perdana Pekan Depan
Istimewa
Ilustrasi Pesawat Wings Air 

TRIBUNBATAM.id - Maskapai Wings Air akan membuka rute penerbangan Karimun-Batam. Bahkan rencananya Wings Air akan melakukan ujicoba terbang atau proving flight dari bandara Internasional Hang Nadim, Kota Batam ke bandara Raja Haji Abdullah (RHA) Sei Bati, Tanjungbalai Karimun pada Kamis (23/5) siang.

Kabar gembira tersebut pertama kali disampaikan Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Karimun, Fajar Harison Abidin. Fajar mengatakan, Wings Air akan menggunakan pesawat jenis ATR 72-600 dengan kapasitas penumpang sekitar 70 orang.

Rencananya pesawat Wings Air akan take off dari bandara internasional Hang Nadim, Kota Batam sekitar pukul 13.00 WIB dan diperkirakan landing di bandara RHA Tanjungbalai Karimun sekitar pukul 13.35 WIB.

"Wings Air akan melakukan uji coba penerbangan (proving flight) pesawat jenis ATR 72-500/600 Batam-Tg. Balai Karimun, pada hari Kamis tanggal 23 Mei 2019. Direncanakan take off dari bandara Hang Nadim pukul 13.00 WIB dan tiba di bandara Raja Haji Abdullah Tanjung Balai Karimun pukul 13.35 WIB," ujar Fajar.

Kabar Wings Air akan membuka rute Karimun-Batam juga dibenarkan Kepala Bandara RHA Tanjungbalai Karimun, Fanani Zuhri. Ditemui di ruang kerjanya di bandara RHA Tanjungbalai Karimun, Fanani Zuhri mengatakan, selain ujicoba terbang pada Kamis siang besok, Wings Air juga direncanakan membuka penerbangan perdana mereka pada 30 Mei mendatang.

"Iya benar, Wings Air akan masuk ke Karimun. Ujicoba terbang atau proven flight sudah pasti digelar Kamis siang besok dari Hang Nadim ke sini," kata Fanani Zuhri, Senin. Pada ujicoba terbang tersebut, Wings Air akan membawa serta sejumlah kru bagian safety, operasional dan marketing.

Fanani memperkirakan para kru Wings Air tersebut akan menginap beberapa hari di Karimun melakukan segala sesuatu yang dibutuhkan untuk kepentingan terbang perdana pada 30 Mei mendatang.

Wings Air juga direncanakan akan melayani rute Karimun-Batam (PP) setiap hari selama sepekan penuh dengan jadwal keberangkatan dari Karimun sekitar pukul 09.40 WIB, sedangkan dari Batam sekitar pukul 08.45 WIB.

Meski harga tiket belum bisa ditentukan, namun Fanani menyebutkan berdasarkan Peraturan Menteri Perhubungan (Permenhub) Nomor 106 Tahun 2012 diperkirakan harga tiket Karimun-Batam (PP) diperkirakan Rp 110-289 ribu.

"Ini murni komersil, tidak ada subsidi dari pemerintah. Pemerintah nantinya akan digandeng untuk promosi. Komersil konsekuensinya, jika tidak profit (menguntungkan), maskapai bisa cabut kapan saja mereka mau," kata Fanani.

Halaman
12
Penulis:
Editor: Rimna Sari Bangun
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved