BATAM TERKINI

Pembangunan Ruang Kelas Baru Selalu Molor, Anggota DPRD Batam Khawatir Bisa Buka Peluang Pungli

DPRD kota Batam kembali menyoroti molornya pembangunan Ruang Kelas Baru (RKB) yang dilakukan oleh Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Batam.

Pembangunan Ruang Kelas Baru Selalu Molor, Anggota DPRD Batam Khawatir Bisa Buka Peluang Pungli
TRIBUNBATAM.ID/ALFANDI SIMAMORA
Ilustrasi, pembangunan 4 Ruangan Kelas Baru (RKB) yang dibangun Pemko Batam di SMPN 3 Batam, Sekupang. 

TRIBUNBATAM.id, BATAM - Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) kota Batam kembali menyoroti molornya pembangunan Ruang Kelas Baru (RKB) yang dilakukan oleh Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Batam.

Sejatinya pembangunan RKB ini sudah dimulai sejak Februari lalu.

Namun hingga bulan kelima 2019 pembangunan RKB juga tak kunjung dilakukan. Padahal RKB ini nantinya bisa digunakan untuk peserta didik yang baru.

Persoalan dari tahun ketahun sistem Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) selalu saja terjadi. Pasalnya kuota sekolah negeri tidak bisa menampung seluruh siswa pendaftar.

"Selalu menjadi perhatian kita saat ini, pembangunan RKB saat ini belum dibangun. Harusnya mereka bisa memulai pembangunan di Februari lalu. Sehingga bisa digunakan saat PPDB sekarang," ujar Sekretaris Komisi IV DPRD Kota Batam, Udin P Sihaloho, Selasa (21/5/2019) di ruangan rapat komisi IV.

Ia menyesalkan kebiasaan Disdik melakukan pembangunan RKB selalu di bulan Mei.

Hal ini, kata dia, juga tidak menutup kemungkinan oknum komite sekolah untuk melakukan pungutan liar (pungli) kepada orangtua alasan untuk menambah lokal.

"Seperti yang terjadi pada SMPN 10 tahun lalu. Sementara anggarannya bisa saja dari APBD. Saya juga mau tau CSR perusahaan besar di Batam untuk pendidikan belum transparan. Sehingga jarang terpublikasi di masyarakat," kata Udin.

BISA DICOBA! Simak 5 Langkah Mudah Menata Meja Makan Saat Lebaran Idulfitri 1440 H/2019

BREAKINGNEWS - Amat Tantoso Ditangguhkan, Ini Pertimbangan Penyidik Polresta Barelang

Begal Hilangkan Nyawa Veronica Trisusanti, DPRD Batam Minta Pemko Pasang CCTV di Tiitik Rawan

BREAKINGNEWS - Dikejar Warga Usai Maling HP di Batam, Pelaku Ditangkap Sekuriti & Sempat Digebuki

Di tempat yang berbeda, Kepala Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Batam, Hendri Arulan mengatakan saat ini semua proyek fisik masih dalam tahap lelang.

Proyek berupa pembangunan RKB diperkirakan akan dibangun usai Lebaran.

"Saat ini sedang lelang. Akhir Mei kita harapkan selesai. Mungkin habis Lebaran sudah jalan. Mudah-mudahan tidak ada kendala dan lelang berjalan lancar bulan depan sudah mulai bangun," ujar Hendri.

Ia juga menargetkan bangunan sekolah selesai paling lambat September mendatang. Untuk menghindari kejadian seperti tahun lalu, ia akan benar-benar memantau jalannya proyek pembangunan nantinya.

"Puluhan RKB yang akan dibangun diharapkan bisa selesai saat tahun ajaran baru dimulai Juli mendatang. Selesai dalam tahun ini agar bisa segera ditempati siswa yang baru masuk," ujar Udin. (tribunbatam.id /Roma Uly Sianturi)

Penulis: Roma Uly Sianturi
Editor: Tri Indaryani
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved