BATAM TERKINI

Penumpang di Bandara Sepi, 14 Penerbangan Ditunda ke Berbagai Kota Tujuan

Pasca diturunkannya harga tiket pesawat oleh Pemerintah Pusat ternyata tidak berdampak pada harga tiket pesawat dari Batam tujuan ke berbagai wilayah.

Penumpang di Bandara Sepi, 14 Penerbangan Ditunda ke Berbagai Kota Tujuan
TRIBUNBATAM.ID/ARGIANTO DA NUGROHO
Sepi penumpang supir taksi bandara Hang Nadim Batam mulai merasakan imbas bagasi berbayar dan kenaikan harga tiket pesawat yakni dengan sepinya penumpang 

TRIBUNBATAM.id, BATAM - Pasca diturunkannya harga tiket pesawat oleh Pemerintah Pusat ternyata tidak berdampak pada harga tiket pesawat dari Batam tujuan ke berbagai wilayah. Hal ini diungkapkan oleh Salah Seorang Travel di Batam, Meri.

Sejauh ini travelnya masih sedikit untuk menjual tiket mudik. Pada umumnya hanyalah langganan-langganan tiket yang memiliki perekonomian lumayan.

"Beda sama tahun lalu. Tahun lalu pasti banyak pesawat yang sudah full kalau order sekarang. Eh tahun ini, miris. Batam ke Medan saja sekarang Rp 1.200.000 an," sesal Meri kepada Tribun, Selasa (21/5/2019).

Ia juga bersyukur bahwa bisnisnya ini merupakan bisnis sampingan. Kesehariannya ia bekerja sebagai karyawan swasta di salah satu perusahaan di Batam.

"Untunglah tak dijadikan usaha travel ini sebagai usaha penuh. Tak termakanlah," sesal Meri dengan logat Bataknya.

Musim Mudik Tiba! Bandara Hang Nadim Justru Sepi, 14 Penerbangan Dibatalkan Hari Ini, Selasa (21/5)

Kericuhan Pecah di Depan Bawaslu RI, Polisi Bubarkan Massa Aksi yang Bertahan

KPU Kepri Belum Umumkan Siapa Calon yang Lolos. Arison Pilih Tunggu Ada Gugatan ke MK

Sepinya yang membeli tiket pesawat jelang mudik ini juga diakui oleh Direktur Badan Usaha Bandar Udara (BUBU) Hang Nadim, Suwarso. Dua minggu menjelang Hari Raya Idulfitri 2019, lonjakan arus penumpang yang akan bepergian ke kampung halaman dari Bandara Internasional Hang Nadim Batam, terpantau masih sepi.

Terlihat juga sejumlah konter tiket dari sejumlah maskapai penerbangan di pintu keberangkatan, terlihat masih santai melayani calon penumpang yang akan bepergian ke beberapa kota dari Batam. Kondisi ini pun, terbilang terbalik dari waktu yang sama pada 2018 silam.

Suwarso mengakui untuk Selasa (21/5/2019) ada pembatalan sebanyak 14 penerbangan. Kondisi ini dikarenakan sepinya calon penumpang. Berdasarkan catatannya, jumlah penumpang sejak Jumat hingga Minggu terpantau dikisaran 5.000 hingga 6.000 an.

"Memang cukup drastis penurunannya, mencapai 24 persen atau sekitar 1.200 penumpang dibandingkan tahun lalu di momen yang sama," tuturnya.

Bahkan, lanjut Suwarso mendekati H-7, arus penumpang terpantau masih sepi dan belum menunjukkan adanya lonjakan.

Ia memprediksi, tanda-tanda peningkatan akan terjadi pada H-5 atau sekitar tanggal 30 Mei dan 1 Juni, namun jumlahnya dipastikan akan jauh  berkurang dari tahun lalu.

"Hari ini masih terpantau sepi dan landai saja. Dan diprediksi hal ini akan tetap terjadi hingga H-9 hingga H-7 Lebaran. Diprediksi Minggu depan atau H-5 yakni 30 Mei - 1 Juni sudah mulai ada peningkatan. Tapi pastinya akan turun dari tahun lalu," tuturnya. (tribunbatam.id / Roma Uly Sianturi)

Penulis: Roma Uly Sianturi
Editor: Sihat Manalu
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved