Mulai Keropos, Tahun Depan BP Batam Ganti Tiang Penyangga JPO Tiban Kampung

Badan Pengusahaan (BP) Batam akan mengganti beberapa tiang penyangga Jembatan Penyeberangan Orang (JPO) di Tiban Kampung, tahun depan.

Mulai Keropos, Tahun Depan BP Batam Ganti Tiang Penyangga JPO Tiban Kampung
TRIBUNBATAM.id/ALFANDI SIMAMORA
Contoh salah satu tiang pondasi jembatan penyeberangan orang di Tiban Kampung, Batam yang mulai keropos dan tidak lagi menyatu pada JPO dan menopang atap. 

TRIBUNBATAM.id, BATAM - Mulai keropos, Badan Pengusahaan (BP) Batam akan mengganti beberapa tiang penyangga Jembatan Penyeberangan Orang (JPO) di Tiban Kampung, tahun depan.

Perbaikan dilakukan menyusul keresahan masyarakat yang melintas di atas JPO. Meskipun hanya satu, dua tiang, namun warga berharap ada perbaikan, sebelum terjadi hal yang tak diinginkan.

"Tahun depan kami ganti tiang-tiang yang rusak. Belum bisa dilakukan sekarang, karena ini terkait dengan anggaran," kata Kasubdit Pembangunan Jalan, Jembatan dan Transportasi Massal, Direktorat Pembangunan Prasarana dan Sarana BP Batam, Boy Zasmita, Rabu (22/5).

Menjawab keresahan masyarakat, tim pemeliharaan JPO BP Batam telah turun ke lapangan dan mengecek kondisi fisik jembatan.

Dari hasil pengecekan, kekuatan JPO masih layak untuk warga melintas di atasnya.

"Perlu perbaikan, tapi masih layak dimanfaatkan," ujarnya.

Ramalan Zodiak Besok, Kamis 23 Mei 2019, Aquarius Ambisius, Pisces Lagi Galau, Taurus Pede

Mau Bikin Undangan Bukber jadi Menarik? Yuk Download Stiker Ramadhan Ini Di Whatsapp, Gratis Lho

HAPE BARU 2019 - Realme 3 Pro Vs Samsung A50, Segini Harga dan Cek Spesifikasi Lengkapnya

Ini 5 Aplikasi Penting yang Mudahkan Perjalanan Mudik Lebaran, Salah Satunya Waze

 

Boy mengatakan, JPO Tiban Kampung memang menjadi kebutuhan warga di sana untuk menyeberang jalan. Mengingat kecepatan kendaraan yang melintas di jalur Tiban Kampung terbilang cukup tinggi.

"Tapi kami juga berharap dukungan masyarakat supaya JPO ini bisa terawat. Sekali seminggu tim kita datang, dan melihat banyak sampah," kata Boy.

BP Batam berharap, masyarakat sekitar juga bisa ikut bersama-sama menjaga fasilitas umum itu. Direktur Pembangunan Prasarana dan Sarana BP Batam, Herawan mengatakan, untuk aset-aset yang dimiliki BP Batam, mereka selalu monitor.

"Kami melakukan perbaikan dan pengelolaan secara berkelanjutan," ujar Herawan.

JPO Tiban Kampung dibangun sekitar tahun 2005. Dua tahun lalu, BP Batam melakukan penggantian atap jembatan. Kemudian pada 2018, dilakukan pengecoran jalan di halte bus Tiban Kampung.

Sebelumnya diberitakan, sejumlah tiang penyangga JPO Tiban Kampung banyak berkarat dan tidak menyatu lagi dengan tiang lainnya. Warga Tiban Kampung, Sulastri mengaku prihatin dengan kondisi JPO saat ini. Ia melihat beberapa tiang JPO sudah keropos dan berkarat.

"Sebenarnya masih beberapa tiang saja yang keropos dan sudah tidak menyatu pada tiang atap JPO. Namun apa salahnya di perbaiki, daripada terjadi hal yang tidak di inginkan," harap Sulastri. (tribunbatam.id/dewiharyati)

Penulis: Dewi Haryati
Editor: Rio Batubara
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved