Violin Master Class Resital UVERS, Hadirkan Kolaborasi Pemusik, Pelukis dan Penari

Musik merupakan satu kesenian yang dapat dinikmati hampir seluruh lapisan masyarakat. Sebagai penikmat, seringnya masyarakat datang pada suatu konser

Violin Master Class Resital UVERS, Hadirkan Kolaborasi Pemusik, Pelukis dan Penari
ist
Violin Master Class Resital di Universitas Universal. 

TRIBUNBATAM.id, BATAM- Musik merupakan satu kesenian yang dapat dinikmati hampir seluruh lapisan masyarakat.

Sebagai penikmat, seringnya masyarakat datang pada suatu konser musik hanya dapat sekedar menikmati setiap nada dan lirik yang dilantunkan oleh pemain musik.

Namun kali ini Program Studi (Prodi) Seni Musik Universitas Universal (UVERS) akan menyuguhkan sesuatu yang berbeda. Prodi Seni Musik kembali melaksanakan resital pada Kelompok Belajar Mayor (KBM) Biola.

Pada Violin Resital yang dilaksanakan Selasa (21/05) di Ruang Auditorium Universitas Universal, peserta tidak hanya menampilkan karya-karya repertoar klasik melainkan juga memberikan interpretasi dari karya yang dibawakan.

Violin Master Class Resital terbagi dalam 2 kegiatan yang berlangsung sejak Senin (20/05) sampai dengan Selasa (21/05).

Pada hari pertama ada master class sesi 1 yang mana pesertanya dibuka untuk umum tidak hanya mahasiswa UVERS melainkan juga beberapa peserta dari organisasi lain.

Pada sesi masterclass, peserta membawakan sebuah lagu kemudian lagu tersebut dibedah oleh pembicara yang merupakan salah satu seniman terkenal yaitu Oscar Artunes.

"Pembedahan dilakukan mulai dari nada, lirik dan interpretasi dari karya tersebut sehingga peserta bisa mendapatkan ilmu baru tentang seperti apa karya tersebut seharusnya dibawakan," ujar Kaprodi seni musik dan dosen instrumen violin UVERS, Jayanti Sagala.

Sedangkan pada hari kedua dimulai dengan master class sesi 2 dan kemudian resital yang dilaksanakan pada malam harinya.

"Setelah pembedahan maka lewat master class recitalnya kita tampilkan. Peserta master class sendiri ada yang aktif dan pasif. Peserta aktif ini kita batasi hanya 6 orang, dimana 4 mahasiswa kami dan 2 sisanya dari luar. Peserta pasif semua dari luar, mereka yang menikmati penampilan recital ini," tuturnya.

Sementara itu, Oscar Artunes yang menjadi pembicara dalam master class menuturkan materi yang dibedah dalam master class adalah musik dari jaman baroque.

"Jadi peserta itu membawa materi atau musiknya masing masing nah di situlah kita bahas. Baik dari sisi tekniknya, pembedahan frase dan banyak lagi. Kita lebih ke sharing musik dan kehidupan," tutur Oscar.

Selain menampilkan karya-karya repertoar klasik, ada penampilan spesial pula Oscar Artunes. Oscar selain seorang pemusik juga merupakan pelukis. Pada resital hari itu, ia melakukan show art yang mana akan ada 1 orang yang memainkan musik.

Kemudian Oscar melukis sesuai dengan inspirasi yang didapat dari nada yang dimainkan oleh pemain musik tersebut. Penampilan tersebut juga dilengkapi dengan penampilan salah satu dosen Prodi Seni Tari yang akan menari pada saat show art tersebut.

"Jadi ada kolaborasi antara pemusik, pelukis dan penari. Penarinya itu Mega Lestari Silalahi," ujar Jayanti lagi.(*/ane)

Penulis: Anne Maria
Editor: Eko Setiawan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved