CATAT! Asteroid Bakal Lewati Bumi Minggu, 25 Mei 2019 dan Terlihat 27 Mei

Dalam beberapa hari ke depan akan ada benda langit yang kembali melewati bumi yakni Asteroid (benda langit berupa bongkahan batu dan matahari)

CATAT! Asteroid Bakal Lewati Bumi Minggu, 25 Mei 2019 dan Terlihat 27 Mei
suar.id
Batuan ruang angkasa, dikenal dengan nama 1999 KW 4 akan melintas dekat bumi, dengan ukuran lebar hampir satu mil (sekitar 1,5 km/atau setara 15 kali lebar lapangan sepak bola) dengan bulannya sendiri diperkirakan akan melewati Bumi akhir pekan ini. 

TRIBUNBATAM.id - Dalam beberapa hari ke depan akan ada benda langit yang kembali melewati bumi yakni Asteroid (Asteroid adalah benda langit berupa bongkahan batu dan mengelilingi Matahari).

Asteroid yang akan melintas dekat bumi ini mempunyai lebar hampir satu mil (sekitar 1,5 km/atau setara 15 kali lebar lapangan sepak bola) atau dengan bulannya sendiri diperkirakan akan melewati Bumi akhir pekan ini.

Asteroid ini akan melewati bumi dengan kecepatan 48.000 mph (sekitar 77.000 kph).

Batuan ruang angkasa, yang dikenal sebagai asteroid 1999 KW4, ditemukan 20 tahun yang lalu dan sangat besar sehingga mempunyai bulannya sendiri yang mengorbit asteroid.

Pada Sabtu malam (25/5/2019), 1999 KW4 akan melakukan pendekatan terdekat ke Bumi.  Asteroid ini akan terlihat hingga 27 Mei.

Karena membawa bulan bersamanya, asteroid secara teknis ditetapkan sebagai sistem biner.

Sistem biner didefinisikan sebagai dua benda langit yang cukup dekat untuk saling mengorbit, menurut NASA.

Pembunuhan Sadis di Bandung. Istri Jadi Pelampiasan Marah Gara-gara Suami Sembunyi di Kamar

RSBP Batam Diusulkan Jadi KEK, Ini Kemudahan yang Bakal Didapatkan

RSBP Batam Gandeng dClinic Internasional, Kini Dokter Bisa Lacak Riwayat Medis Pasien

1999 KW4 ditemukan oleh penelitian astronomi Lincoln Near-Earth Asteroid Research (LINEAR) di Socorro, New Mexico, pada tahun 1999.

Asteoroid Besar Tahun 1999 yang mempunyai bulannya sendiri akan kembali melewati bumi pada 25 Mei 2019

Asteroid itu telah diklasifikasikan sebagai objek Dekat-Bumi dan objek yang berpotensi berbahaya oleh Minor Planet Center.

Namun, orbit batuan ruang angkasa yang luas ini diketahui tidak menimbulkan risiko bagi Bumi.

Selama mendekati pendekatannya ke Bumi, orbitnya membawanya tidak lebih dekat dari lima jarak Bumi-bulan.

Setelah asteroid 1999 KW4 melewati Bumi pada 25 Mei 2019, tidak ada asteroid yang diketahui sebesar atau lebih besar dari batuan ruang angkasa ini yang akan mendekati planet kita sedekat ini hingga tahun 2027.

Pada 6 Juni 2027, asteroid 4953 (1990 MU), batuan angkasa 4 km hingga 9 km akan melewati Bumi dengan aman pada jarak 12 lunar, dan akan kembali pada 2058 pada jarak sembilan lunar. (sumber suar.id)

*Artikel ini telah tayang di tribunlampung.co.id dengan judul Dua Hari Kedepan Benda Langit Berukuran 15 Kali Lapangan Bola Akan Mendekat ke Bumi

Editor: Tri Indaryani
Sumber: Tribun Lampung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved