BATAM TERKINI

Pengguna Online Shop Mengeluh Kesulitan Pasarkan Dagangan Setelah Pengiriman Foto Lewat Medsos Lelet

Dampak media sosial (medsos) down, Rabu (22/5/2019) lalu, berimbas pada penjualan online shop. Seperti yang dialami seorang penjual bunga di Batam.

Pengguna Online Shop Mengeluh Kesulitan Pasarkan Dagangan Setelah Pengiriman Foto Lewat Medsos Lelet
TRIBUNBATAM.id
Susana antrean peserta BPJS Ketenagakerjaan di Kantor BPJS Ketenagakerjaan Batam Sekupang. Foto ilistrasi 

TRIBUNBATAM.id, BATAM- Dampak media sosial (medsos) down, Rabu (22/5/2019) lalu, berimbas pada penjualan online shop. Seperti yang dialami seorang penjual bunga di Batam, Anna (30). Ia mengeluh omset jualan bunganya menurun hari itu.

Sehari-hari, selain membuka usaha salon rumahan, Anna juga aktif di medsos. Ia menawarkan bunga sebagai jualannya. Satu pot bunga yang diimpor dari luar negeri itu, bisa dihargai Rp 500 ribu ke atas.

Berbagai medsos ia manfaatkan sebagai sarana jualan. Seperti instagram, facebook, dan whatsaap.

Kebijakan pemerintah memblokir pengiriman foto dan video, dirasakan sangat menganggu. Anna tak bisa leluasa berjualan seperti biasanya.

"Pemerintah sekarang suka-suka ya. Alasannya takut hoaks menyebar luas. Bagi orang jualan online, sangat menganggu sekali. Apalagi tinggal belasan hari lagi mau Lebaran. Sudah susah cari uang, ditambah susah," keluh Anna, Kamis (23/5/2019) malam.

Anggota Dewan Pukul Istrinya, Marah Karena Kelamaan Buka Baju Saat Hendak Berhubungan Intim

Jackie Chan dan Arnold Schwarzenegger Muncul di Demo 22 Mei, Picu Beragam Tanggapan dari Netizen

Wing Air Terbang Perdana ke Bandara Sei Bati. Ini Ungkapan Wakil Bupati Saat Ikut Dalam Penerbangan

Semula ia tak tahu, kalau pemerintah sengaja memblokir akses pengiriman foto dan medsos, masih berkaitan dengan aksi 22 Mei di Ibu Kota Jakarta. Anna sempat menyalakan dan mematikan handphone-nya, beberapa kali. Siapa tahu, ada gangguan di handphone-nya. Pusing, dia tak bisa jualan. Ternyata, bukan Anna saja yang mengalaminya.

"Anna dikasih tahu adik Anna. Makanya cepat tahu. Langsung deh download aplikasi VPN. Lancar, sejahtera," ujarnya.

Tak berhenti di Anna, iapun memberitahu informasi pemakaian aplikasi itu kepada teman-teman lainnya, sesama penjual bunga.

"Kebijakan kemarin itu buruk sekali. Karena nggak semua pengguna sosmed itu tahu download aplikasi lain supaya bisa tetap sosmed," kata Anna.

Tak hanya Anna, Kepala BP Batam, Edy Putra Irawady, juga sempat mengalami tak bisa berkirim pesan gambar di medsosnya. Syukurnya, Edy cepat mendapat informasi dari rekannya, untuk mendownload aplikasi khusus.

"Ada yang infoin," kata Edy. (wie)

Penulis: Dewi Haryati
Editor: Sihat Manalu
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved