Turis di Bintan Bebas Cacar Monyet, Dinas Kesehatan dan KKP Pasang Alat Deteksi di Pelabuhan

Mengantisipasi pergerakan turis Singapura yang datang ke Kabupaten Bintan, Dinkes Kabupaten Bintan sudah koordinasi dengan pihak Kantor Kesehatan Pela

Turis di Bintan Bebas Cacar Monyet, Dinas Kesehatan dan KKP Pasang Alat Deteksi di Pelabuhan
TRIBUNNEWS via precisionvaccinations.com
Viral Virus Cacar Monyet (Monkeypox) di Singapura, 42 Kematian Tercatat di Afrika Tahun 2018 

TRIBUNBINTAN.COM, BINTAN - Dinas Kesehatan Kabupaten Bintan hingga saat ini belum mendeteksi adanya turis-turis asing yang masuk ke Kabupaten Bintan melalui Singapura terjangkit virus cacar monyet.

"Alhamdulilah hingga saat ini belum ada ditemukan turis asing kita yang masuk ke Kabupaten Bintan mengidap atau terjangkit virus cacar monyet yang dikabarkan dari Singapura,"tutur Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Bintan dr Gama Isnaini,"Kamis (23/5/2019).

Ia juga menyebutkan, bahwa dalam mengantisipasi pergerakan turis Singapura yang datang ke Kabupaten Bintan, Dinkes Kabupaten Bintan sudah koordinasi dengan pihak Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Bintan dibeberapa pelabuhan untuk antisipasi agar virus cacar monyet itu tidak sampai ke Kabupaten Bintan.

"Nah sampai sejauh ini kita selalu berkoordinasi dengan pihak KKP dan belum mendeteksi adanya turis yang terjangkit virus cacar monyet. Kami juga meminta setiap turis dari Singapura yang hendak ke Bintan di screening melalui Thermal Scanner yang sudah di pasang di pelabuhan,"tuturnya.

Gama juga menambahkan, bahwa Bintan merupakan wilayah pariwisata yang terkenal di dunia. Sehingga banyak turis-turis asing yang datang ke Bintan untuk menikmati liburan.

Kemenag Bintan Sudah Punya PTSP. Semua Urusan Agama Langsung Saja ke Kantor Kemenag

Sampai Kapan Pembatasan Facebook, Whatsapp dan Instagram? Ada Cara Mengakali Tapi Bahaya

Suara Takbir Iringi Jenazah Ustaz Arifin Ilham ke Makam, Ustaz Yusuf Mansur Jadi Muazin

Maka dari itu, KKP sudah melakukan screening di beberapa pintu masuk turis asing tersebut. Diantaranya Pelabuhan Bulang Linggi Tanjunguban, Pelabuhan Bandar Bintan Telani (BBT) Lagoi dan Bandar Sri Udana Lobam, dan Pelabuhan Khusus Bintan Lagoon Resort (BLR) dan pelabuhan khusus resort lainnya.

"Sejauh ini kami belum mendapati adanya turis asing yang tertular penyakit langka tersebut. Baik itu yang dipantau dari suhu badan dan lainya melalui thermal scanner. Semoga saja tidak pernah ada,"jelasnya. (als)

Penulis: Alfandi Simamora
Editor: Ucu Rahman
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved