Water Rationing, ATB Gencar Sosialisasi Hemat Air 

Kondisi Batam yang tidak memiliki sumber air baku alami, menjadikan water rationing sebagai salah satu langkah nyata menghemat cadangan air baku.

Water Rationing, ATB Gencar Sosialisasi Hemat Air 
TRIBUNBATAM.ID/ISTIMEWA
Tim Community & Education ATB sedang melakukan sosialisasi terkait water rationing kepada pelanggan di wilayah Tiban 

PENGGILIRAN air bersih (Water Rationing) adalah pilihan yang sulit bagi semua pihak. Tidak hanya PT Adhya Tirta Batam (ATB) selaku pengelola air bersih di Pulau Batam, namun juga menjadi pil pahit bagi pelanggan.

Kondisi Batam yang tidak memiliki sumber air baku alami, menjadikan water rationing sebagai salah satu langkah nyata menghemat cadangan air baku yang tersedia. 

Curah hujan yang sempat berkurang secara signifikan beberapa waktu lalu, mengakibatkan air baku di lima dam yang dikelola ATB mengalami penyusutan.

Pada tanggal 20 April 2019, ATB terpaksa memberlakukan program water rationing di wilayah suplai Dam Harapan.

Hal ini dikarenakan dam tersebut mengalami penyusutan yang paling mengkhawatirkan. Pelanggan di area Sei Harapan, Tanjung Riau, Tanjung Pinggir, Patam Lestari, Tiban dan Sekupang harus merasakan suplai air tidak mengalir setiap hari Sabtu dan Rabu karena Instalasi Pengolahan Air (IPA) Sei Harapan tidak beroperasi. 

Pada awal pembangunannya, Dam Harapan adalah salah satu primadona dan waduk andalan di Batam. Namun, sejak 2015, Dam Harapan mulai mengalami sedimentasi.

Pendangkalan area tersebut menyebabkan berkurangnya daya tampung di Dam Harapan sehingga berdampak pada kualitas, kuantitas dan kontinuitas suplai air ke pelanggan. 

Water rationing sendiri, sudah dua kali menimpa Dam Harapan. Rationing pertama terjadi pada tahun 2015 akibat El Nino. Saat itu, jika tidak dilakukan rationing maka Dam Harapan hanya bisa bertahan sekitar 50 hari.

Bayar Tagihan ATB Kini Bisa Lewat Bank Riau Kepri

Warga Diminta Hemat Air, Meski Sudah Hujan, Jumlah Air Baku di Dam Sungai Harapan Batam Belum Normal

IPA Harapan Belum Bisa Berproduksi Maksimal, Penggiliran Aliran Air Masih Berlanjut

ATB memilih menghemat air baku dengan menghentikan operasional IPA Sei Harapan selama dua hari tiap pekan. Pola yang sama juga diterapkan saat program water rationing Dam Harapan tahun ini. 

Guna meminimalisir dampak rationing, ATB rutin mengedukasi pelanggan. Edukasi dilakukan melalui sosialisasi hemat air dan toleransi menampung air dalam berbagai kesempatan.

Halaman
12
Editor: Tri Indaryani
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved