65 Penerbangan Harian, Lion Group Jadikan Batam Hub Base

Penerbangan komersil perdana Wings Air, dari Batam ke Karimun, di Kepulauan Riau, Kamis (23/5/2019), jadi babak baru optimisme maspakai Lion Group di

65 Penerbangan Harian, Lion Group Jadikan Batam Hub Base
TRIBUNBATAM.id/ROMA ULY SIANTURI
Maskapai Lion Air Group sukses melakukan penerbangan perdana dari Batam ke Karimun menggunakan pesawat Wings Air, Kamis (23/5/2019). 

TRIBUNBATAM.id - Penerbangan komersil perdana Wings Air, dari Batam ke Karimun, di Kepulauan Riau, Kamis (23/5/2019), jadi babak baru optimisme maspakai Lion Group di Selat Malaka.

Penerbangan sipil dengan pesawat medium ATR 72-600 ini, adalah daily flight ke 65 Lion Air Group, di bandara yang dikelola Badan Pengusahaan (BP) Batam ini.
Penerbangan low fare flight ini sekaligus memantapkan niat Manajemen Lion Group, untuk menjajaki bandara Hang Nadim Batam (BTH) menjadi salah satu hub base, setalah  Jakarta dan Makassar.
"Proving flight Ini jadi handy cap lanjutan kami untuk melihat potensi pasar domestik,"  kata Corporate Communications Strategic of Wings Air, Danang Mandala Prihantoro di sela-sela seremoni terbang perdana Wings Air dari Bandara Hang Nadim Batam menuju Bandara Raja Haji Abdullah (RHA) Sei Bati, Karimun.
Menurutnya, dengan tarif penerbangan mulai Rp120 ribu hingga Rp200 ribu, manajemen Wing Air, sekaligus menempuh langkah strategis dalan mengkajian potensi pasar penerbangan berjadwal, di Kepri.
"Ekonomi mulai membaik, persaingan maskapai dengan penurunan tarif bawah domestik, akan membuat industri pariwisata bergairah lagi,"  katanya.
Mengangkut empat kru yang terdiri dari dua flight operation officer (FOO) dan perwakilan dari Regional Manager Lion Air Group, Wings Air lepas landas dari Bandara Hang Nadim Batam sekira pukul 13.05 WIB dan mendarat di Bandara RHA Sei Bati sekira pukul 13.30 WIB. Kemudian, pesawat lepas landas kembali dari Bandara RHA Sei Bati pukul 14.25 WIB dan mendarat di Batam sekira pukul 14.50 WIB. Total perjalanan mencapai 25 menit untuk sekali jalan.
Penerbangan Batam - Karimun hanya berlangsung sekitar 30 menit. Jika termasuk  ticketing, boarding, dan handling bagasi, durasi traveling kurang lebih satu jam.

Durasi ini lebih cepat sekitar 2 jam, dibanding menggunakan angkutan kapal laut, yang bisa memakan waktu sekitar 3,5 jam hingga 4 jam.

Wing Air, menyasar pasar milleninnial travelers. “Wings Air yang berperan feeder menjadikan Batam sebagai salah satu kota penghubung (hub) dengan mengoperasikan 10 frekuensi penerbangan harian pergi-pulang (PP). Layanan ini menunjukkan Wings Air dan maskapai Lion Air Group berperan menyediakan akses sesuai bagian dari konsep Komponen Daerah Tujuan Wisata 3A yaitu aksesibilitas (access),” katanya.

Di Batam, Lion Air, Wings Air, dan Batik Air saat ini sudah melayani 56 frekuensi penerbangan regular flight PP.

“Layanan tersebut menawarkan nilai tambah bagi travelers, karena tercipta kemudahan perjalanan lanjutan yang saling terhubung (connecting flight) ke beberapa kota tujuan, antara lain Banda Aceh, Medan, Padang, Pekanbaru, Dumai, Letung, Natuna, Rengat, Tanjung Pinang, Jambi, Kerinci, Palembang, Pangkalpinang, Bengkulu, Lampung, Jakarta, Bandung, Solo, Yogyakarta, Surabaya, Malang, Pontianak, Banjarmasin, Balikpapan, Makassar, Manado, Denpasar, Lombok, Kuala Lumpur, Singapura, Bangkok,” jelasnya. 

JARINGAN PENERBANGAN LION AIR GROUP DI BATAM

Rute Lion Air Frekuensi Terbang
Batam – Medan Kualanamu 5 kali per hari
Batam – Padang 3 kali per hari
Batam – Pekanbaru 3 kali per hari
Batam – Palembang 1 kali per hari
Batam – Pangkalpinang 1 kali per hari
Batam – Tanjung Karang 1 kali per hari
Batam – Jambi 1 kali per hari
Batam – Pontianak 2 kali per hari
Batam – Soekarno-Hatta, Tangerang 3 kali per hari
Batam – Bandung 1 kali per hari
Batam – Semarang 1 kali per hari
Batam – Yogyakarta 1 kali per hari
Batam – Surabaya 3 kali per hari
Rute Wings Air  
Batam – Tanjung Pinang 1 kali per hari
Batam – Natuna 1 kali per hari
Batam – Rengat 4 kali per minggu
Batam – Dumai 1 kali per hari
Batam – Letung 4 kali per minggu
Batam – Bengkulu 1 kali per hari
Rute Batik Air  
Batam – Soekarno-Hatta, Tangerang 1 kali per hari
Batam – Jakarta Halim Perdanakusuma 1 kali per hari
Penulis: thamzilThahir
Editor: Agus Tri Harsanto
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved