Bright PLN

Tingkatkan Pelayanan, 270 Gardu PLN Bright Batam Dapat Sertifikat dari Lembaga Inspeksi Teknik

Sebanyak 270 gardu distribusi milik bright PLN Batam mendapat Sertifikat Laik Operasi (SLO).

Tingkatkan Pelayanan, 270 Gardu PLN Bright Batam Dapat Sertifikat dari Lembaga Inspeksi Teknik
TRIBUNBATAM.id
Kepala Bidang Ketenagalistrikan Dinas Energi dan Sumber Daya Mineral Provinsi Kepri Marzuki menyerahkan Sertifikat Laik Operasi (SLO) Gardu Distribusi kepada Genaral Manager Service Bussines Unit bright PLN Batam Francis Al Zauhari, di Sahid Hotel Batam, Kepri, Jumat (24/5) malam. Pencapaian SLO itu merupakan wujud nyata bright PLN Batam untuk meningkatkan terus pelayanan terhadap pelangganya. TRIBUNBATAM/LEO HALAWA 

TRIBUNBATAM.id, BATAM -  Sebanyak 270 gardu distribusi milik bright PLN Batam mendapat Sertifikat Laik Operasi (SLO).

General Manager Service Bussines Unit bright PLN Batam Francis Al Zauhari menjelaskan, SLO tersebut disertifikasi oleh Lembaga Inspeksi Teknik (LIK).

Sertifikasi merupakan amanah dari Pasal 44 ayat (4) Undang Undang Nomor 30 Tahun 2009 tentang Ketenagalistrikan.

“Jadi ini harus dipenuhi. Sebanarnya, gardu distribusi milik bright PLN Batam saat ini sebanyak 1620 unit. SLO ini bertahap. Kenapa masih ada yang belum, karena ada gardu distribusi yang lama. Dan harus dipenuhi terlebih dahulu indikator penilain. Untuk tahun ini 270 gardu distribusi dulu. Target tahun depan 400 gardu. Berharapnya semua gardu bisa disertfikasi,” jelas Francis Al Zauhari saat gelar konferensi pers di Lantai 9 Sahid Hotel, Batam, Kepri, Jumat (24/5/2019) malam.

Dijelaskannya, untuk mendapatkan SLO ini tidak lah mudah, LIK sebagai lembaga yang dipercaya, setidaknya menggunakan tujuh indikator penilaian.

Jika sudah memenuhi tujuh indikator, baru bisa mengeluarkan SLO.

Ketujuh indikator yang dimaksud mulai dari pemeriksaan dokumen, pemeriksaan design, pemeriksaan visual cek, evaluasi hasil uji perangkat sistem, pengujian unit, pemeriksaan dampak lingkungan, dan pemeriksaan proteksi korosif (kadar karat).

“Jadi ini semua harus memenuhi syarat. Misalkan penjabarannya apakah gardu itu ada keamanan bagi makhluk hidup sekitar, kehandalannya bagaimana. Jadi ini semua harus diuji. Harus melalui tahapan,” katanya.

Kendati demikian, dengan mengantongi SLO ini, bright PLN Batam diharapkan mampu memberikan pelayanan yang prima kepada pelanggan. 

Sementara itu Kepala Bidang Ketenagalistrikan Dinas Energi dan Sumber Daya Mineral Provinsi Kepri Marzuki, sangat berterima kasih atas pencapaian SLO oleh  bright PLN Batam.

Sebab, SLO ini menurutnya amat lah penting. Seperti diketahui, penyaluran gardu distribusi menyentuh langsung makhluk hidup di sekitarnya.
 

“Dengan adanya SLO ini berarti gardu-gardu yang disertifikasi aman untuk kelangsungan makhluk hidup di sekitarnya. Selain itu ada uji kehandalan. Yang berdampak pada pelayanan pendistribusian arus kepada pelanggan,” katanya.

Penulis: Leo Halawa
Editor: Rio Batubara
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved