Antispasi Pencurian, Bright PLN Batam Pasang CCTV di 220 Gardu Fiber Optik

Bright PLN Batam memaksimalkan penjagaan pada gardu yang menggunakan fiber optik (FO) dengan memasang CCTV di setiap gardu.

Antispasi Pencurian, Bright PLN Batam Pasang CCTV di 220 Gardu Fiber Optik
istimewa
Petugas Bright PLN Batam sedang memasang sambungan baru listrik di rumah warga Batam. 

TRIBUNBATAM.id - Bright PLN Batam memaksimalkan penjagaan pada gardu yang menggunakan fiber optik (FO). Salah satunya adalah memasang Closed Circuit Television alias CCTV di tiap gardu.

General Manager Service Bussines Unit bright PLN Batam Francis Al Zauhari menuturkan, berkaca dari pengalaman sebelumnya, gardu FO pernah dicuri maling.

"Siapa pencurinya kita tak tahu. Nah, satu-satunya cara memang harus memasang CCTV. Kami awali dan memperbanyak pemasangan di sekitar Nagoya," kata Francis Al Zauhari, Jumat (24/5) malam.

Ada 220 gardu FO yang menjadi target utama untuk dipasang CCTV. Dan ditargetkan, sebelum Lebaran awal Juni 2019 ini sudah terpasang 50 CCTV. Sisanya akan diprogram kan pemasangan pada pengerjaan berikutnya.

Lebih jelas dikatakan Francis Al Zauhari, CCTV yang dipasang nantinya, selain berfungsi menghindari pencurian, juga berfungsi sebagai perekam visual dan deteksi suhu sekitar gardu.

"Sehingga pada warning otomatis pada sistem CCTV bisa menghantarkan pesan. Misalkan ada gangguan karena suhu yang tak sesuai. Ada pergerakan secara visual pada objek. Jadi berfungsi juga sebagai alat monitoring," paparnya. (*)

Penulis: Leo Halawa
Editor: Rimna Sari Bangun
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved