Tanjungpinang Terkini

Cegah Penyusupan TKI Saat Lebaran, Imigrasi Tanjungpinang Perketat Penjagaan di Pelabuhan

Tenaga kerja migran atau TKI biasa memanfaatkan padatnya penumpang untuk berangkat ke Malaysia melalui pelabuhan internasional Sri Bintan Pura

Cegah Penyusupan TKI Saat Lebaran, Imigrasi Tanjungpinang Perketat Penjagaan di Pelabuhan
ilustrasi
Ilustrasi TKI 

TRIBUNBATAM.id.TANJUNGPINANG - Mudik lebaran 2019 selalu ramai dipadati penumpang dari Malaysia. Tak terkecuali para TKI.

Tenaga kerja migran atau TKI kerap memanfaatkan momentum padatnya penumpang untuk berangkat ke Malaysia melalui pelabuhan internasional Sri Bintan Pura (SBP) Tanjungpinang.

Lalu apa yang akan dilakukan imigrasi Tanjungpinang dalam mengantisipasi lolosnya penumpang yang bertujuan sebagai TKI illegal? Daniel Maxrinto kepala Pos imigrasi pelabuhan internasional SBP akan melakukan pengetatan pengecekan.

Setelah Polisi, Giliran TNI Diterpa Video Hoax Terkait Rusuh 22 Mei, Ini Reaksi TNI

Jimin BTS Menangis Saat Konser di Brazil, ARMY Ramaikan Tagar #WeLoveYouJimin, Trending di Twitter

Pemkab Bintan Akan Pusatkan Salat Idul Fitri di Kijang Bintan

Friedrich Silaban, Anak Pendeta Miskin Perancang Masjid Istiqlal, Begini Kisahnya

"Yang jelas pasti kita perketat. Kita juga punya cara atau teknik untuk mengetahui itu TKI atau bukan," kata Daniel Maxrinto dikonfirmasi di pelabuhan Minggu (26/5).

Kemudian bagi penumpang TKI yang balik khususnya dari Malaysia. Meski balik dengan mudah, namun jangan harap mereka akan kembali ke Malaysia dengan mudah. Pihaknya akan lebih memperketat mereka yang akan kembali ke Malaysia.

"Datang pasti kita terima. Baru nanti pada keberangkatan yang kita lakukan pencegahan dengan memperketat. Sejauh ini kita juga belum melihat dan menemukan TKI melalui pelabuhan ini. Masih normal" katanya.

Mendekati lebaran yang diperkirakan jatuh pada 5 Juni nanti, di pelabuhan internasional SBP belum terlihat ada kelonjakan. Masih pada Angka rata rata 1000 orang berangkat dan datang dengan perkiraan presentase sama 50 persen balik dan berangkat.

Ia memprediksi baru akan terlihat kenaikan kelonjakan penumpang pada H - 4. Jumlah meningkat yang juga tidak dipungkiri penumpang dari Malaysia adalah seorang TKI. Baik itu lengkap secara dokumen maupun tidak.

"Diperkirakan mudik lebaran di pelabuhan SBP Internasional diprediksikan H-4 nanti," tuturnya.

Pihaknya juga mempersiapkan ketertiban para pengunjung pelabuhan dengan harapan lebih tertata dengan rapi dan tertib. Sehingga pelayanan dan kenyamanan akan dirasakan semua pengguna jasa tranportasi laut ini. (wfa).

Penulis  : Aminuddin

Editor    : Aminuddi

Penulis:
Editor: Aminnudin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved