PGN Klaim 141,3 Km Jaringan Pipa Gas Kota Batam Bisa Jangkau Rumah 1,2 Juta Warga 

Hingga kuartal pertama 2019, PGN telah memasok gas bumi ke 4.842 pelanggan di wilayah Batam.

PGN Klaim 141,3 Km Jaringan Pipa Gas Kota Batam Bisa Jangkau Rumah 1,2 Juta Warga 
TRIBUNBATAM/ISTIMEWA
PT Perusahaan Gas Negara Tbk (PGN) mengobarkan api Asian Games 2018 dengan gas bumi selama ajang olahraga tersebut berlangsung sampai 2 September 2018 mendatang 

PT Perusahaan Gas Negara (PGN) mengklaim 141,3 Km Jaringan Pipa Gas Kota Batam Bisa Jangkau Rumah 1,2 Juta Warga 

TRIBUN,BATAM.ID — Perusahaan Gas Negara (PGN) kembali menegaskan kemampuan jaringan pipa gas dalam kota di Batam, Kepulauan Riau (Kepri).

Jaringan pipa gas sepanjang 141,3 km yang melingkar di dalam kota Batam, diklaim sudah mampu menjangkau perumahan dan industri di kota berpenduduk 1,2 juta jiwa ini.

“Pipe line (jaringan pipa) kita sudah hampir mencakup semua wilayah di kota Batam. Sisa memasang terminal sambungan ke pemukiman,” kata Strategic Stakeholder Management PGN area Riau Kepri Riza Buana kepada wartawan di sebuah kafe di kawasan Baloi, Lubuk Baja, Batam, Kepri, Sabtu (25/5/2019) petang.

Meski skala pelanggan rumah tangga masih terbilang kecil dibanding Jakarta, namun pihaknya optimistis pengembangan jaringan gas retail untuk pasar pemukiman adalah rencana jangka menengah dan jangka panjang PGN.

Bagi PGN, pihaknya sudah beberapa kali bertemu dengan Wali Kota Batam M Rudi dan sejumlah pejabat terkait pengembangan investasi kawasan.

Inovasi Baru PGN, Bayar Tagihan Gas Bisa Pakai Go-Pay

Cerita Dorce Gamalama Saat Saksikan Soeharto Sakit, Satu Kalimat Dorce Bikin Pak Harto Terharu

Dengan infratruktur jalan, dan lingkungan berstandar internasional, di mata PGN, Batam termasuk kota strategi pengembangan Bisnis layanan utilitas ini.

Berpenduduk 1,2 juta dengan pertumbuhan penduduk diatas 5,1% per tahun, kota dengan luas 1.595 km2 ini, lebih mudah memasarkan gas dalam jaringan pipa.

Komplek perumahan dan kavling yang menyebar di 74 Kelurahan dan 12 kecamatan dalam kota, dan karakter kota industri.

Hingga kuartal pertama 2019, PGN telah memasok gas bumi ke 4.842 pelanggan di wilayah Batam

Pelanggan tersebut terdiri atas 93 industri dan komersial, 29 pelanggan kecil, 4.720 pelanggan rumah tangga.

Di sisi lain pengoperasian Stasiun Pengisian Bahan Bakar Gas (SPBG) yang dioperasikan oleh Anak Usaha PGN yakni PT Gagas Energi Indonesia di Batam, juga mulai menjadi alternatif Bahan bakar kendaraan Ramah lingkungan.

Selain jargas, PGN juga telah membangun pipa distribusi gas bumi di kawasan Nagoya sepanjang 18,3 KM, sejak akhir tahun lalu.

Teknisi PT PAS Telekomunikasi Nusantara (PGASCOM) Batam melakukan perawatan koneksi internet di SMP Nabila, Batam, Provinsi Kepulauan Riau. PGASCOM merupakan anak usaha PT PGN yang memberikan layanan jasa telekomunikasi dan layanan ICT melalui jaringan fiber optik.
Teknisi PT PAS Telekomunikasi Nusantara (PGASCOM) Batam melakukan perawatan koneksi internet di SMP Nabila, Batam, Provinsi Kepulauan Riau. PGASCOM merupakan anak usaha PT PGN yang memberikan layanan jasa telekomunikasi dan layanan ICT melalui jaringan fiber optik. (TRIBUNBATAM/ARGIANTO DA NUGARAHA)

Kini PGN juga baru saja menyelesaikan proyek jaringan pipa gas bumi lainnya di Batam, salah satunya penyambungan pipa gas bumi rumah tangga yang dibangun dengan biaya sendiri dan penugasan dari Kementerian ESDM.

Proyek tersebut yakni dari Program PGN Sayang Ibu akan dipasang sambungan gas rumah tangga sebanyak 500 rumah dan 4.000 sambungan gas rumah tangga dari penugasan Kementerian ESDM ke PGN di Batam.

Penulis: Aminnudin
Editor: thamzilThahir
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved