BATAM TERKINI

Selama Empat Hari Pelabuhan Domestik Sekupang Batam Angkut 17.257 Orang Pemudik ke Berbagai Tujuan

Efek kenaikan tarif tiket pesawat berdampak terhadap meningkatnya jumlah pemudik yang menggunakan transportasi laut.

Selama Empat Hari Pelabuhan Domestik Sekupang Batam Angkut 17.257 Orang Pemudik ke Berbagai Tujuan
Dia Nusantara/ Tribun Batam
Pelabuhan roro Batam dipadati pemudik yang hendak pulang kampung. 

TRIBUNBATAM.id, BATAM - Efek kenaikan tarif tiket pesawat berdampak terhadap meningkatnya jumlah pemudik yang menggunakan transportasi laut. Salah satunya tampak di Pelabuhan Domestik Sekupang (PDS), kapal yang melayari rute antar pulau dan Provinsi ini sudah banyak dibooking calon pemudik.

Berdasarkan pantauan Tribun di lokasi, hingga pukul 15.00 WIB, sejumlah pemudik tampak memadati pintu keberangkatan pelabuhan hingga loket pemeriksaan penumpang yang berada di lantai dua.

Koordinator Terminal Domestik Sekupang, Suherman menyebutkan untuk empat hari saja jumlah penumpang yang masuk dan keluar Pelabuhan Sekupang mencapai 17.257 orang.

"Dari H-15 hingga H-12 Jumat lalu dari total 102 pelayaran, kapal sudah membawa 17.257 orang pemudik," ucapnya saat ditemui Tribun di kantornya. Minggu (26/5/2019).

Suherman menuturkan untuk hari Jumat (24/5) saja, jumlah pemudik mencapai 4.217 orang yang terdiri dari 25 pelayaran baik yang masuk maupun keluar Pelabuhan Sekupang.

Imbas Tiket Mahal, Penumpang Buru Tiket Kapal di Pelabuhan Sekupang Batam

Pohon Kurma Bisa Tumbuh Subur di Tanah Bintan. Ini Sosok Sarwito Pengusaha Pengembang Kurma di Kepri

Mustofa Nahrawardaya Derita Asam Urat, Darah Tinggi, dan Diabetes, Istri Bawakan Obat ke Bareskrim

"Untuk kedatangan penumpang paling banyak dari Tanjung Balai Karimun dan Tanjung Batu, sedangkan tujuan mudik keluar Batam terbanyak dengan tujuan ke Dumai, Buton, Tanjung Batu hingga Tanjung Balai Karimun," tambah Suherman.

Untuk menyikapi lonjakan penumpang, ia menyebutkan bahwa armada yang disiapkan dari perusahaan pelayaran sudah standby semua dan sudah ada kapal tambahan.

"Ketika ada lonjakan penumpang, kapal tersebut sudah siap untuk dijalankan," paparnya.
Mulai dari tanggal 28 Mei atau H-8 jam operasional pelabuhan akan dibuka mulai pukul 03.00 WIB.

Disebutkannnya, terhitung dari tanggal tersebut semua instansi yang berdinas sudah standby di Pelabuhan Domestik Sekupang.

"Jadi ini merupakan upaya semua pihak terkait untuk memberikan pelayanan terbaik kepada semua pemudik yang berada di Batam," ujar Suherman.

Selain itu menurut Suherman, puncak mudik Lebaran di Pelabuhan Domestik Sekupang akan terjadi pada akhir bulan Mei. "Diperkirakan puncak mudik akan terjadi pada tanggal 30 Mei atau H-6 Lebaran," katanya. (mri)

Penulis: Rifki
Editor: Sihat Manalu
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved