Breaking News:

Unggahan Foto Jokowi di Media Asing Hoax, Ternyata Terbitan Beberapa Tahun Lalu

Gambar Presiden Jokowi di Sejumlah media asing kembali Viral. Namun Viralnya gambar Cover dibeberapa media asing tersebut ternyata palsu dan Hoax. Sa

Editor: Eko Setiawan
ISTIMEWA
hopeless-hoax 

TRIBUNBATAM.id - Gambar Presiden Jokowi di Sejumlah media asing kembali Viral. Namun Viralnya gambar Cover dibeberapa media asing tersebut ternyata palsu dan Hoax.

Satu media asing terbitan Amerika Serikat, dua lainnya terbitan Australia.

Namun, ketiga media asing tersebut pada intinya "menyerang" calon presiden 01 Joko Widodo alias Jokowi.

Dalam beberapa hari ini marak beredar di media sosial informasi yang mengaitkan reaksi media di luar negeri terkait penanganan aksi demonstrasi Aksi 22 Mei 2019 oleh pemerintah.

Sejumlah gambar yang disebarkan tersebut antara lain halaman muka koran The Courier-Mail Australia, halaman muka koran Herald Sun Australia dan juga Majalah TIME  dari Amerika Serikat.

Hasil Lengkap, Klasemen dan Top Skor Liga 1 2019 Setelah PSS vs Semen Padang Imbang

Jadwal Bola Malam Ini Piala Dunia U20 Live SuperSoccer TV, Meksiko vs Jepang, Ekuador vs Italia

25 Ucapan untuk Hari Raya Idul Fitri (Lebaran) yang Bisa Kamu Kirim Lewat WA, Facebook atau IG

UPDATE Jadwal Terbaru Persib Bandung di Liga 1 2019, Laga Arema FC vs Persib 14 Juni 2019

Hasil Final DFB Pokal Liga Jerman RB Leipzig vs Bayern Muenchen, Lewandowski 2 Gol, Muenchen Juara

Unggahan terkait halaman muka koran The Courier-Mail dari Australia, mengilustrasikan foto Presiden Joko Widodo dengan tangan yang berlumuran darah. 

Dalam unggahan tersebut dinarasikan reaksi media Australia tersebut berkaitan dengan penanganan aksi demonstrasi pada 22 Mei 2019.

Sementara unggahan yang menggunakan cover depan koran Herald Sun menggambarkan sketsa wajah Presiden Joko Widodo dengan judul "Portrait of a Killer" , juga dinarasikan dalam unggahan itu terkait dengan timbulnya korban meninggal dalam aksi demonstrasi di depan Bawaslu RI pada 22 Mei 2019 tersebut.

Dan unggahan yang terakhir adalah cover majalah TIME yang memuat foto Presiden Joko Widodo dengan tulisan " A New Hopeless".

Klaim    : Sejumlah media luar negeri memberikan reaksi negatif atas pemerintahan Presiden Joko Widodo terutama setelah terjadi aksi demonstrasi 22 Mei 2019

Rating   : Salah/Disinformasi

Penjelasan :

Dari penulusuran yang dilakukan oleh ANTARA, koran The Courier-Mail dari Australia memang menampilkan cover foto Presiden Jokowi dengan ilustrasi tangan yang berlumuran darah pada edisi 29 April 2015 sebagai reaksi mereka atas keputusan pemerintah Indonesia untuk melaksanakan hukuman mati bagi warga negara Australia yang dipidana karena kasus narkotika dan obat-obatan terlarang.

Kominfo Cabut Pembatasan Media Sosial, Segera Uninstall VPN & Hapus Virus di HP Android, Ini Caranya

Pertamina Sebut Papan Info SPBU di Medan yang Tampilkan Ujaran Kebencian Pada Jokowi Diretas

Viral Surat Terbuka Istri Penulis Jokowi People Power Kepada Amien Rais, Tatty Apriliyana: Tak Patut

Hasil Final Copa del Rey Barcelona vs Valencia, Messi Cetak 1 Gol Barcelona Kalah, Valencia Juara

Tak hanya The Courier-Mail, sejumlah media Australia lainnya juga memberikan reaksi atas keputusan pemerintah Indonesia melaksanakan hukuman mati bagi warga Australia yang dikenal dengan Bali Nine.

Untuk cover koran Herald Sun Australia, yang menampilkan sketsa wajah Presiden Joko Widodo dengan tulisan "Portrait of a Killer" , juga merupakan reaksi media tersebut atas keputusan pemerintah Indonesia mengeksekusi mati terpidana mati berkewarganegaraan Australia . 

 

Cover tersebut diterbitkan oleh Herald Sun pada 30 April 2015.

Dengan demikian ilustrasi halaman muka koran The Courier-Mail dan koran Herald Sun dari Australia tersebut tidak ada kaitannya dengan reaksi atas  aksi demonstrasi pada 22 Mei 2019.

Sedangkan cover majalah TIME, dari penelusuran yang dilakukan, majalah tersebut menerbitkan edisi dengan cover wajah Presiden Joko Widodo pada 16 Oktober 2014 atau beberapa hari sebelum pelantikan Joko Widodo sebagai Presiden RI yang ke-7 pada 20 Oktober 2014.

Yang benar cover TIME menuliskan judul "A New Hope" bukan "A New Hopeless".  (Antara)

Artikel ini telah tayang di Wartakotalive dengan judul TERBONGKAR, Unggahan Ilustrasi Foto Presiden Jokowi di Sejumlah Media Asing Ternyata Hoaks, http://wartakota.tribunnews.com/2019/05/26/terbongkarunggahan-ilustrasi-foto-presiden-jokowi-di-sejumlah-media-asing-ternyata-hoaks?page=all.


  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved