AKSI 22 Mei 2019

Dalang Kerusuhan 22 Mei 2019 Bisa Terungkap, Adian Napitupulu Harap Polisi Berani Mengungkap

Siapa dalang kerusuhan aksi 22 Mei 2019? Politikus PDI Perjuangan Adian Napitupulu bicara soal aktor kerusuhan aksi 22 Mei 2019.

Dalang Kerusuhan 22 Mei 2019 Bisa Terungkap, Adian Napitupulu Harap Polisi Berani Mengungkap
YouTube TVOne
Adian Napitupulu 

TRIBUNBATAM.id - Siapa dalang kerusuhan aksi 22 Mei 2019? Politikus PDI Perjuangan Adian Napitupulu bicara soal aktor kerusuhan aksi 22 Mei 2019.

Adian Napitupulu secara khusus mengapresiasi ke TNI dan Polri.

Dalam aksi kerusuhan 22 Mei 2019, Adian Napitupulu sebut TNI-Polri solid jaga Jakarta.

Bahkan, bahu membahu selama berhari hari menjaga Jakarta dari kerusuhan yang mungkin saja berpotensi meluas pada tanggal 22 Mei 2019 yang lalu.

 

"Dari berbagai pernyataan polisi serta pemberitaan berbagai media terlihat jelas bahwa kerusuhan 22 Mei sulit untuk dikatakan sebagai peristiwa yang terjadi secara spontan," ujar Adian Napitupulu dalam keterangan persnya, Senin (27/5/2019).

Adian mengatakan siapapun tahu bahwa tidak mudah untuk menjaga stamina massa dalam kerusuhan yang berlangsung dalam durasi sangat lama dan tersebar di beberapa titik lokasi seperti Bawaslu, Tanah Abang juga Slipi.

Mustofa Nahrawardaya Bisa Jadi Lebaran di Penjara, Pengacara Ajukan Penangguhan, Kasus Cuitan 22 Mei

Setelah Polisi, Giliran TNI Diterpa Video Hoax Terkait Rusuh 22 Mei, Ini Reaksi TNI

"Yang sangat menyedihkan dan membuat kemanusiaan kita serasa digugat oleh hati nurani adalah karena massa yang tampak di berbagai pemberitaan dan video yang beredar, banyak diantaranya yang masih berusia belasan, termasuk beberapa korban jiwa juga masih berusia muda," ujar Adian.

Dia mengatakan bahwa ada banyak cara yang bisa dilakukan oleh Polisi untuk mengusut siapa dalang kerusuhan tersebut.

Kericuhan peserta aksi unjuk rasa terus terjadi di depan Gedung Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) RI, Jalan MH Thamrin, Jakarta Pusat, Rabu (22/5/2019) malam.
Kericuhan peserta aksi unjuk rasa terus terjadi di depan Gedung Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) RI, Jalan MH Thamrin, Jakarta Pusat, Rabu (22/5/2019) malam. (Wartakotalive.com/Angga Bhagya Nugraha)

Antara lain melalui pengakuan ratusan orang yang di tangkap di lapangan, bukti bukti dilapangan, rekaman video, rekaman cctv, aliran dana, kendaraan pengangkut dan sebagainya.

"Dengan teknologi dan sumber daya yang di miliki tentunya Polisi mampu mengumpulkan semua bukti bukti itu," ujar Adian.

"Menurut saya, yang sulit bukanlah mengumpulkan bukti bukti melainkan keberanian polisi untuk mengungkap siapa dalang sesungguhnya," dia menambahkan.

Dijelaskan untuk mengusut dan mengumpulkan bukti-bukti di butuhkan teknologi, pengetahuan, kecermatan dan sumber daya manusia, tetapi untuk mengungkap siapa dalangnya maka yang dibutuhkan adalah keberanian luar biasa.

Para perusuh memprovokasi polisi yang berjaga di Jalan Brigjen Katamso, Slipi, Jakarta Pusat, Rabu (22/5/2019).
Para perusuh memprovokasi polisi yang berjaga di Jalan Brigjen Katamso, Slipi, Jakarta Pusat, Rabu (22/5/2019). (Warta Kota/Alex Suban)
Halaman
1234
Editor: Agus Tri Harsanto
Sumber: Tribunnews
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved