Mudik Lebaran 2019

Terlalu Padat, Tiket Roro Batam-Tanjung Buton Ludes Cepat, Pemudik Banyak Tak Kebagian Tiket

Pelabuhan Roro Telaga Punggur padat merayap. Banyak pemudik adalah tujuan penyeberangan Tanjung Buton, Kabupaten Siak, Provinsi Riau

Terlalu Padat, Tiket Roro Batam-Tanjung Buton Ludes Cepat, Pemudik Banyak Tak Kebagian Tiket
TRIBUNBATAM/LEO HALAWA
Padat - Suasana arus mudik di pelabuhan Roro Punggur yang dikelolah oleh PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) Cabang Batam. Tampak, penumpang Senin (27/5)  pagi padat 

Laporan Tribunbatam.id,  Leo Halawa 

TRIBUNBATAM.id,  BATAM - Selain di Pelabuhan Pelni, kepadatan penumpang mudik di Batam juga tampak di pelabuhan Roro (roll on roll off) Telaga Punggur.

Pantauan Senin (27/5/2019),  Pelabuhan Roro  Telaga Punggur padat merayap.

Banyak pemudik adalah tujuan penyeberangan Tanjung Buton, Kabupaten Siak, Provinsi Riau.

 
Manager Usaha PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) Batam Muhammad Firdaus mengatakan, angkutan penyebrangan mudik 2019 lebaran tahun ini terpantau cukup padat sejak beberapa hari lalu. 

Bingung Cari Baju Lebaran Buat Anak? OVS Kids Batam di Matahari Hadirkan Koleksi Lengkap

Satker PJN Kepri Janji Perbaiki Jalan Rusak ke Jembatan Sei Ladi Batam Tahun Ini

Sebelum Main di Game of Thrones, Aktor Ini Tak Bisa Makan dan Nyaris Jadi Gelandangan Karena Miskin

FINAL LIGA EUROPA LIVE RCTI Chelsea vs Arsenal, Maurizio Sarri Khawatir The Blues Kelelahan

Rute mudik Batam ke Tanjunguban, Karimun, Kuala Tungkal (Jambi), dan Dabo Singkep diprediksi akan meningkat  lima persen.

"Rute mudik Batam - Tanjung Buton bisa  100 persen. Relatif meningkat ke sana. Ya,  bisa jadi karena tujuan ke sana banyak. Langsung ke pulau Sumatera. Jadi banyak warga yang mudik," kata Firdaus.

Tiket yang yang diumumkan 20-21 Mei 2019 lalu hanya  sehari ludes terjual. Malah banyak yang tidak kebagian tiket.

"Bahkan ada yang tak kebagian. Ya sangat ramai. Jadi penyebrangan ini kan dimulai mulai 24 Mei sampai 1 Juni 2019 nanti. Ada 14 kapal yang melayani.  Perkiraan satu kapal adalah 35 kendaraan roda empat ke atas. Jika 14 dikali 35 adalah 490 kendaraan. Itu lah yang berangkat," jelas Firdaus. 

Jadwal kapal persiapan angkutan lebaran 2019 di pelabuhan Telaga Punggur jelas Firdaus adalah, Jumat 24 Mei 2019 dari Batam - Buton reguler dilayani KMP Komen dan bantuan KMP Senangin. Sabtu 25 Mei 2019 dari Batam - Buton reguler dilayani KMP Satria P dan kapal bantuan Tandemand. Ada penambahan jadwal.

Minggu 26 Mei 2019 dari Batam - Buton reguler dilayani KMP Lome dan kapal bantuan KMP Senangin. Senin 27 Mei 2019 dari Buton - Punggur - Uban reguler dilayani KMP Satria P dan kapal bantuan Tandemand. Selasa 28 Mei 2019 dari Batam - Buton reguler dilayani KMP Senangin. Selasa 28 Mei 2019 dari Punggur - Tanjung balai Buton reguler dilayani KMP Senangin. Rabu 29 Mei 2019 Batam-Kuala Tungkal KMP Satria.

Selanjutnya Kamis 30 Mei 2019 Batam-Buton KM Tandemand kapal bantuan. Jumat 31 Mei 2019 Batam - Buton KMP Lome. Kemudian pada Sabtu 1 Juni 2019 fokus Batam-Punggur- Uban dan Dabo Singkep.

"Nah khusus tanggal 28 Mei sampai 3 Juni 2019 KMP Senangin lintasan semula Punggur - TanjungBalai Karimun - Buton. Berubah hanya melayani TanjungBalai Karimun ke Buton. Karena sesuai surat permintaan Kadishub Kabupaten Tanjungbalai Karimun ke kami. Karena padat juga di sana," papar Firdaus. (***)

Edisi lebih lengkap dapat Dibaca di Edisi Cetak Tribun Batam Yang Terbit Selasa, 28 Mei 2019

Penulis: Leo Halawa
Editor: Aminnudin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved