Aset BP Batam

Ex Camp Vietnam, Jejak Sejarah Pengungsi Vietnam Jadi Destinasi Eksotis Kota Batam

Pulau Galang memiliki salah satu tempat wisata bersejarah yang dikenal sebagai Ex Camp Vietnam yang meyimpan cerita menarik

TRIBUNBATAM.id - Sebagai daerah kepulauan, Kota Batam  menyuguhkan  berbagai tempat wisata yang mampu menghipnotis para wisatawan untuk berkunjung mulai dari wisata kuliner, pantai hingga wisata sejarah yang terletak di Pulau Galang.

Pulau Galang memiliki salah satu tempat wisata bersejarah yang dikenal sebagai Ex Camp Vietnam  yang meyimpan cerita menarik, tempat ini kerap kali dikunjungi oleh wisatawan lokal hingga mancanegara.

Said Adnan selaku pihak pengelola tempat wisata bersejarah ini bercerita bahwa Ex Camp Vietnam dulunya digunakan sebagai tempat pengungsian warga Vietnam yang mencari perlindungan akibat perang saudara yang terjadi di Vietnam.

“Akibat perang yang mencekam saat itu, ratusan warga Vietnam memilih meninggalkan negaranya dengan menyebrangi lautan Cina Selatan dengan menggunakan kapal, maka dari itu masyarakat Vietnam yang melarikan diri tersebut disebut sebagai manusia perahu,” ujar Adnan saat dijumpai di Ex Camp Vietnam, Jumat (17/5/2019).

Pendaratan masyarakat Vietnam pertama terjadi pada tahun 1975 di Natuna yang berjumlah 75 orang,dan terus mengalami peningkatan setiap tahunnya sehingga menjadi permasalahan di beberapa negara tetangga Vietnam yaitu Malaysia, Thailand dan Indonesia.

Kaburnya masyarakat Vietnam ini mendapat perhatian khusus dari PBB.

Hingga akhirnya PBB melalui UNHCR mengadakan rapat di negara Bangkok dan menetapkan Pulau Galang sebagai tempat pengungsian sementara masyarakat Vietnam.

Setelah mendapat persetujuan dari Presiden Soeharto, UNHCR lalu mulai membangun fasilitas yang dibutuhkan oleh para pengungsi.

Pulau Galang yang memiliki luas 250 Ha itu kemudian diambil 80 Ha untuk dijadikan kawasan pengungsian yang menampung 250 ribu jiwa.

Jejak Peninggalan

Halaman
123
Editor: Agus Tri Harsanto
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved