BATAM TERKINI

Fasilitas Pelabuhan Batuampar tak Memadai, Ini Kata Menhub saat Tinjau Penumpang di Pelabuhan

Badan Pengelola Pelabuhan Batam-BP Batam meningkatkan fasilitas pendukungnya. Hal ini demi kenyamanan penumpang saat mudik Lebaran.

Fasilitas Pelabuhan Batuampar tak Memadai, Ini Kata Menhub saat Tinjau Penumpang di Pelabuhan
TRIBUNBATAM.id/ROMA ULY SIANTURI
Salah seorang petugas kepolisian di Batu Ampar mengutamakan ibu dan bayi masuk pelabuhan, Senin (27/5/2019). 

TRIBUNBATAM.id, BATAM- Menindaklanjuti arahan Menteri Perhubungan Republik Indonesia, Budi Karya Sumadi pada kunjungan kerjanya Sabtu (25/5) lalu di Pelabuhan Batuampar, Badan Pengelola Pelabuhan Batam-BP Batam meningkatkan fasilitas pendukungnya. Hal ini demi kenyamanan penumpang saat mudik Lebaran.

General Manager bagian Komersial dan Pengembangan Usaha Badan Pengelola Pelabuhan Batam, Djohan Effendy mengatakan, fasilitas untuk penumpang di Pelabuhan Batuampar memang sangat terbatas. Karena pelabuhan itu diperuntukkan sebagai pelabuhan kargo, bukan pelabuhan penumpang.

"Meskipun begitu, saat ini kami sudah menyiapkan berbagai fasilitas dan pelayanan untuk menunjang kenyamanan para pengguna jasa kapal Pelni," kata Djohan, Kamis (30/5/2019).

H-6 Lebaran Idul Fitri, Arus Mudik Mulai Padatai Pelabuhan Sekupang, 9.686 Orang Tinggalkan Batam

Menhub Budi Karya Akui Fasilitas Pelabuhan Batuampar tak Memadai, Penumpang Lebih Memilih Sekupang

Kondisi Ani Yudhoyono Menurun, Keluarga Yudhoyono Sudah Berkumpul di Singapura

Fasilitas yang disediakan, seperti tenda dan beberapa unit toilet portable di luar pelabuhan. Kemudian penambahan beberapa unit AC portable di dalam pelabuhan, fasilitas ibadah, fasilitas kesehatan ambulance dan tim medis yang siap berjaga dari pagi hingga selesai kegiatan mudik.

Penyediaan fasilitas kesehatan ini, kerjasama Badan Pengelola Pelabuhan Batam dengan Kantor Kesehatan Pelabuhan dan Rumah Sakit BP Batam. Kerjasama lainnya juga dengan Customs Immigration Quarantine (CIQ) yang membantu kelancaran pelaksanaan kegiatan mudik Lebaran, tahun ini.

Djohan berharap, upaya pemindahan pelabuhan penumpang Pelni kembali ke Pelabuhan Sekupang bisa segera terlaksana.
"Semoga bisa segera terealisasi setelah angkutan Lebaran tahun ini sesuai arahan pak Kepala BP Batam," ujarnya.

Sebelumnya, usai kunjungan kerja di Pelabuhan Batuampar, Menhub Budi Karya Sumadi akan mengevaluasi penempatan pelabuhan Pelni di Batumpar. Apakah tetap di Pelabuhan Batuampar, atau kembali ke Pelabuhan Beton di Sekupang.

Hal ini disampaikan Budi, usai meninjau kesiapan angkutan Lebaran tahun 2019 di Batam, Kepri, Sabtu (25/5). Budi sudah melihat kondisi Pelabuhan Pelni di Batuampar. Diakuinya, fasilitas yang ada kurang maksimal.
"Banyak fasilitas pelabuhan yang kurang memadai. Alternatifnya diperbaiki atau kembali ke Sekupang. Sekupang diperbaiki," kata Budi.

Dari dialognya dengan beberapa penumpang KM Dorolonda, banyak yang mengusulkan agar dipindah ke Sekupang. Banyak penumpang kapal yang mengeluhkan kondisi Pelabuhan Pelni di Batuampar saat ini.
Selain masih bergabung dengan pelabuhan kargo, sehingga membuat tingkat risiko kepada penumpang juga tinggi. Penumpang juga mengeluh tidak ada kendaraan umum di dekat pelabuhan. Kondisi ini berbeda dengan Sekupang, di sana terdapat jalur Bus Bus Trans Batam di dekat pelabuhan. (tribunbatam.id/dewiharyati)

Penulis: Dewi Haryati
Editor: Sihat Manalu
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved