Jokowi Tanggapi AHY Masuk Kabinet Kerja Jilid II, Kata Jokowi: Kenapa Tidak

Awalnya pembawa acara bertanya mengenai adakah gambaran Jokowi dalam membangun Kabinet Kerja Jilid II mendatang.

Jokowi Tanggapi AHY Masuk Kabinet Kerja Jilid II, Kata Jokowi: Kenapa Tidak
TRIBUNNEWS/IRWAN RISMAWAN
Capres petahana Joko Widodo dan Cawapres Ma'ruf Amin menyapa warga usai menyampaikan pidato kemenangannya sebagai Presiden Republik Indonesia periode 2019-2024 di Kampung Deret, Tanah Tinggi, Johar Baru, Jakarta Pusat, Selasa (21/5/2019). Pidato tersebut menanggapi keputusan Komisi Pemilihan Umum (KPU) yang menetapkan pasangan Joko Widodo - Ma'ruf Amin sebagai pemenang Pilpres 2019. 

TRIBUNBATAM.id - Para calon menteri yang masuk jajaran kabinet Presiden RI terpilih Joko Widodo (Jokowi) mulai dibicarakan belakangan ini.

Bahkan Jokowi sendiri pun mulai menanggapi hal itu dan memberikan bocoran tentang siapa saja menteri yang membantunya selama 2019 - 2024 mendatang.

Jokowi berbicara seputar orang-orang yang duduk di kabinetnya itu dalam sebuah wawancara di Seputar iNews, Rabu (29/5/2019).

Awalnya pembawa acara bertanya mengenai adakah gambaran Jokowi dalam membangun Kabinet Kerja Jilid II mendatang.

"Pak Jokowi membangun bangsa tentu membutuhkan tim yang solid. Bagi seorang presiden ini bisa diwujudkan melalui kabinet kerja yang baik. Sudah ada gambaran profil kabinet kerja jilid II seperti apa?" tanya pembawa acara.

Jokowi lalu mengisyaratkan bahwa kabinetnya di periode mendatang berbeda dengan lima tahun lalu.

Sebab, selama 5 tahun mendatang, dia akan lebih fokus untuk membangun Sumber Daya Manusia (SDM).

"Jadi setiap periode itu membutuhkan karakter menteri yang berbeda karena tantangannya berbeda. Kalau kemarin infrastruktur sekarang SDM," jawab Jokowi.

"Seperti apa kriteria menteri Kabinet Kerja Jilid II?" tanya pembawa acara lagi.

"Dia harus ekesekutor kuat, mengerti menejemen dan memiliki menejerial yang baik. Integritasnya juga tidak diragukan. Yang muda-muda ini juga kita akan berikan ruang yang ada di kementerian, ya nanti dilihatlah yang muda-muda, mungkin bisa saja umur 20 - 25 mungkin bisa saja," jawab Jokowi.

"Bisa saja umur 30-an, saya kira yang muda-muda karena sesuai dengan tantangan yang ada sekarang lah, digital ekonomi, industri kreatif ya ini kan milik anak-anak muda," tambahnya.

Halaman
123
Editor: Thom Limahekin
Sumber: TribunWow.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved