S&P Naikkan Peringkat Utang Indonesia, Rupiah Terkerek Naik

Rupiah melaju karena efek keputusan S&P menaikkan peringkat utang Indonesia di atas level layak investasi atau investment grade pada hari ini.

S&P Naikkan Peringkat Utang Indonesia, Rupiah Terkerek Naik
tribunnews batam/dewi haryati
Aktivitas pertukaran uang asing di money changer PT Banda Mustikamas, Batam, Selasa (3/11/2015). Ilustrasi 

TRIBUNBATAM.id, JAKARTA - Standard and Poor's (S&P) menaikkan peringkat utang Indonesia dari BBB- menjadi BBB.

Peringkat baru utang Indonesia itu oleh S&P langsung menggerek nilai tukar rupiah pada perdagangan Jumat (31/5/2019).

Berdasarkan data Bloomberg, rupiah ditutup menguat 0,98% ke  level Rp 14.269 per dollar AS. Dalam sepekan, kurs rupiah naik  0,85% dari penutupan perdagangan akhir pekan lalu (24/5) di level Rp 14.392 per dollar AS.

Pada kurs tengah Bank Indonesia (BI), rupiah juga  menguat 0,22% ke  level Rp 14.385 per dollar AS, Jumat (31/5). Sedangkan dalam sepekan, rupiah menguat 0,45%.

Analis Monex Investindo Futures Faisyal mengatakan, rupiah  melaju karena efek keputusan  S&P menaikkan peringkat utang Indonesia di atas level layak investasi atau investment grade pada hari ini.

S&P menaikkan peringkat pemerintah Indonesia ke BBB dengan alasan prospek pertumbuhan yang kuat dan kebijakan fiskal yang positif. 

"Prospek surat utang domestik makin menggiurkan apalagi didukung utang pemerintah yang rendah,” kata Faisyal seperti dilansir Kontan.co.id.

Dampak keputusan S&P itu juga berimbas terhadap kepercayaan dana asing lewat investor global terhadap pasar saham. Terbukti  Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) ditutup menguat 1,72% ke  level 6.209,12.

Pekan depan pasar dalam negeri tutup karena memasuki libur panjang Lebaran. Sepekan depan masih banyak hal yang dapat menggerakkan rupiah.

Faisyal memperkirakan rupiah masih bisa menguat pekan depan, asalkan sentimen internal dan eksternal mendukung.

Halaman
1234
Editor: Alfian Zainal
Sumber: Kontan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved