Karimun Terkini

Kapal Roro ke Buton Terakhir Senin Malam Ini. Ternyata Jumlah Penumpang yang Mudik Luar Biasa

Kapal Roro ke Buton, Riau terakhir dijadwalkan H-1 atau Selasa (4/6/2019) malam namun kemudian dipercepat menjadi H-2 atau Senin malam ini

Kapal Roro ke Buton Terakhir Senin Malam Ini. Ternyata Jumlah Penumpang yang Mudik Luar Biasa
TRIBUN BATAM
Basaran Kota Tanjungpinang patroli mudik lebaran 2019 

TRIBUNBATAM.id, KARIMUN - Bagi warga Karimun yang hendak mudik ke Sumatera menggunakan moda transportasi kapal Roro tujuan Buton atau Tanjung Mengkapan dijadwalkan Senin (3/6/2019) malam ini merupakan jadwal keberangkatan terakhir sebelum lebaran.

Hal itu diungkapkan langsung Direktur Utama Badan Usaha Kepelabuhan (BUP) Karimun, Rizal.

Rizal mengatakan awalnya kapal Roro ke Buton, Riau terakhir dijadwalkan H-1 atau Selasa (4/6/2019) malam namun kemudian dipercepat menjadi H-2 atau Senin malam ini.

"Kapal Roro ke Buton, malam ini terakhir. Sebelumnya memang ada rencana H-1 terakhir tapi kemudian dirubah menjadi H-2, Senin malam ini," kata Rizal kepada tribunbatam.id, Senin.

Kapal Roro akan kembali normal melayani penumpang H + 2, namun begitu ia memperkirakan H + 3 dan H+5 akan menjadi puncak arus balik lebaran penumpang Roro dari Buton, Riau ke Karimun.

H-2 Lebaran Idul Fitri, 13.574 Pemudik dari Luar Kepri Masuk ke Batam Melalui Pelabuhan Sekupang

Mudik Lebaran, Ini 6 Cara Mengamankan Rumah, Jangan Sampai Dibobol Maling

Permintaan Maaf Prabowo Tak Hadiri Proses Pemakaman Ibu Ani Yudhoyono: Ternyata Saya Terlambat . .

"Itu sesuai laporan pak KSOP saat teleconference dengan pak Menhub barusan," ujar Rizal.

Perihal lonjakan penumpang arus mudik di pelabuhan domestik Karimun hingga H-3, Rizal mengatakan sekitar 86-an ribu orang mudik ke Karimun, sedangkan yang berangkat sekitar 77-an ribu orang.

Penumpang tertinggi di pelabuhan domestik yakni tujuan Karimun ke Batam (Sekupang dan Harbour Bay) sekitar 30.148 orang dan tujuan Selat Panjang sekitar 18.115 orang.

Sementara rute luar negeri seperti Singapura, datang sekitar 1.900-an orang, berangkat sekitar 1.800-an orang. Kukup, Malaysia datang sekitar 9.400-an orang, berangkat sekitar 1.200-an orang.

"Puteri Harbour, Malaysia juga banyak, naik atau berangkat itu sekitar 2.763 orang, turun atau datang sekitar 6.176 orang," kata Rizal.

Namun begitu Rizal menyebut lonjakan penumpang di pelabuhan domestik pada musim lebaran ini diprediksi sekitar 18 persen atau turun dibandingkan lebaran tahun lalu.

"Alhamdulillah, sejauh ini belum ada kendala berarti yang dihadapi dalam hal pelayanan arus mudik lebaran tahun ini. Tidak ada penumpang yang tertinggal di pelabuhan, alhamdulillah semuanya dapat terangkut," katanya. (yah)

Penulis:
Editor: Ucu Rahman
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved