Bank BCA Akuisi Bank Royal, Masih Akan Cari Bank Lain untuk Diambil-alih

Rencana ekspansi PT Bank Central Asia Tbk setelah mengakuisis PT Bank Royal Indonesia belum akan berhenti. Satu bank lagi dibidik untuk diakuisisi

Bank BCA Akuisi Bank Royal, Masih Akan Cari Bank Lain untuk Diambil-alih
Funwalk Bank BCA. Ilustrasi 

TRIBUNBATAM.ID, JAKARTA - Rencana ekspansi PT Bank Central Asia Tbk (BBCA, anggota indeks Kompas100) setelah mengakuisis PT Bank Royal Indonesia belum akan berhenti.

Bank swasta terbesar di Indonesia ini membidik satu bank lagi untuk diambil-alih.

BCA resmi mengumumkan Bank Royal dengan nilai Rp 1 triliun. 

Berdasarkan keterbukaan informasi di Bursa Efek Indonesia (BEI), pada 16 April 2019, BCA bersama dengan anak usahanya, BCA Finance membeli seluruh saham Bank Royal dari PT Royalindo Investa Wijaya milik Leslie Soemadi, Ibrahim Soemadi, Nevin Soemadi dan Ko Sugiarto.

Berdasarkan perjanjian, BCA dan BCA Finance akan membeli sebanyak 2,87 juta saham Bank Royal yang mewakili seluruh modal yang telah ditempatkan dan disetor oleh para pemegang saham Bank Royal.

Setelah Bank Royal, Direktur BCA Santoso mengakui pihaknya punya peluang untuk membeli satu bank lagi.

"Kami ada rencana yang kami dengan bukan hanya akuisisi satu bank, tetapi lagi buka wacana akuisisi satu lagi. " kata Santoso, Direktur BCA di Jakarta, seperti dilansir TribunBatam.id dari KONTAN.

Santoso tidak menyebutkan ukuran bank yang hendak diakuisisi tersebut. Sekarang perseroan masih terus melirik-lirik sembari fokus menyelesaikan administrasi akuisisi Bank Royal.

"Kita baru melirik saat ini dan belum tahu sebesar apa. Nanti kalau tiba waktu pasti diinformasikan. Kami akan lakukan yang terbaik, kalau nggak bisa tahun ini terealisasi mungkin tahun depan." tambah Santoso.

Kepala Eksekutif Pengawas Perbankan Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Heru Kristiyana bilang BCA memang sedang melihat-lihat calon buruan.

"BCA masih mengkaji-kaji bank mana lagi yang mau diakuisisi. Jadi belum masuk ke tahap mengajukan izin ke OJK," ungkap Heru.

Regulator sendiri terus mendorong perbankan di tanah air melakukan konsolidasi. OJK mengharapkan jumlah bank besar yang akan mencaplok bank kecil semakin banyak.

Sebagai informasi, bank swasta terbesar di Tanah Air ini memiliki BCA Syariah, BCA Finance, BCA Insurance, BCA Finance Limited, BCA Sekuritas, CS Finance, BCA Life dan Central Capital Ventura (CCVA).

Dengaan kebijakan OJK konsolidasi bisa dilakukan bank besar terutama Bank Umum Kategori Usaha (BUKU) IV.

Dengan kebijakan ini, Heru memperkirakan konsolidasi bank akan berjalan lebih cepat sehingga pada akhir bank-bank tersebut bisa mempunyai peran yang signifikan dalam mendorong pembangunan ekonomi dan pertumbuhan kredit.

Editor: Alfian Zainal
Sumber: Kontan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved