BATAM TERKINI

Tinjau Penghijauan di Sekitar Fly Over Laluan Madani, Rudi Ingin Tanaman Hijau dan Tumbuh Subur

"Kita mau kejar supaya pohon-pohon ini cepat besar. Karena antara pohon ini dan pohon di sana, bedakan. Waktu ditanamnya sama, tapi suburnya beda. Mak

Tinjau Penghijauan di Sekitar Fly Over Laluan Madani, Rudi Ingin Tanaman Hijau dan Tumbuh Subur
TRIBUNBATAM.id/DEWI HARYATI
Rudi bersama OPD terkait tinjau progres pelebaran jalan di Simpang Kabil menuju Simpang Jam, Selasa (11/6/2019) sore. Kemudian dilanjutkan meninjau penghijauan tanaman di sekitar fly over Laluan madani. 
TRIBUNBATAM.id, BATAM - Selain fokus pada pekerjaan infrastruktur jalan di Kota Batam, Pemerintah Kota Batam di kepemimpinan Wali Kota Batam, Rudi dan wakilnya, Amsakar Achmad juga fokus pada keindahan kota.
Salah satu programnya, yakni penghijauan tanaman. Khususnya pohon-pohon yang ditanam Pemko Batam di ruas-ruas jalan Batam.
Selasa (11/6/2019) sore, Rudi dan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait, meninjau penghijauan tanaman di sekitar fly over Laluan Madani. 
Pada hari yang sama, Rudi juga meninjau progres pelebaran jalan di Simpang Kabil atau Simpang Kepri Mall.
"Kita mau kejar supaya pohon-pohon ini cepat besar. Karena antara pohon ini dan pohon di sana, bedakan. Waktu ditanamnya sama, tapi suburnya beda. Makanya kita kasih pupuk hari ini semua," kata Rudi kepada wartawan di bawah fly over Laluan Madani.
Pemupukan tanaman itu, lanjutnya, sudah dilakukan beberapa bulan ini melibatkan semua OPD di Pemko Batam. Hanya saja, hasilnya belum maksimal.
Apalagi, dalam tahun ini Rudi menargetkan untuk pemasangan lampu hias di sepanjang jalan fly over sampai ke Bundaran Madani arah Mega Wisata Ocarina.
"Tahun ini saya sudah pasang lampu hias. Kalau lampu hias hidup, tak dibarengi dengan pohon kan, tidak indah. Makanya dikasih pupuk," ujarnya. 
Kepala Dinas Perumahan Rakyat, Permukiman dan Pertamanan (Disperakimtan) Kota Batam, Eryudi Apriadi mengatakan, Pemko Batam saat ini juga konsen untuk pemeliharaan tanaman di pinggir jalan, yang sebelumnya terkena dampak pelebaran jalan. Makanya seluruh OPD, dikerahkan untuk membantu Disperakimtan.
"Semua OPD dilibatkan," ujar Eryudhi.
Jika hanya mengandalkan Disperakimtan untuk pemeliharaan tanamannya, ia mengaku kewalahan. Karena jumlah pegawai Disperakimtan terbatas. Karena itu, setiap OPD sudah disusun jadwal untuk pemeliharaan atau pemupukan tanamannya.
"Setiap bulan itu adalah (OPD) satu kali. Sudah ada jadwal waktu dan tempatnya dimana," ujarnya. (wie)
Penulis: Dewi Haryati
Editor: Zabur Anjasfianto
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved