Perang Dagang AS vs China Untungkan Indonesia, Ekspor Sepatu ke AS Melonjak

Produsen sepatu Indonesia diuntungkan karena pembuat sepatu China mulai memangkas produksinya akibat perang perdagangan AS vs China

Perang Dagang AS vs China Untungkan Indonesia, Ekspor Sepatu ke AS Melonjak
South China Morning Post
Produksi sepatu di China memangkas produksi akibat perang dagang AS vs China. Indonesia dan Korea Selatan mengisi celah yang kosong. 

TRIBUNBATAM.ID - Perang dagang AS vs China membuat sejumlah sektor manufaktur asal China bergeser ke Asia Tenggara, termasuk Indonesia.

Beberapa produk manufaktur Indonesia mulai mendapat keuntungan dari perang dagang AS vs China, terbukti dari naiknya ekspor sepatu Indonesia ke Amerika Serikat.

Indonesia diuntungkan karena pembuat sepatu China mulai tergeser produksinya akibat perang perdagangan AS vs China yang semakin memburuk.

Kisah Aceng, Ketemu Kawan Lama Sekolah yang Kini Gangguan Jiwa: Kita Tetap Sahabat Walau Ada Beda

PUKULAN KEDUA! Setelah Menteri Malaysia Azmin Ali Membantah, Muncul Video Gay Baru, Lebih Jelas

Jawaban Cerdas Sri Mulyani saat BPK Soroti Utang Pemerintah Naik sejak 2015, Ini Penyebabnya

Deputi gubernur Bank Indonesia Dody Budi Waluyo melihat positif hal ini karena ekspor alas kaki ke Amerika Serikat tumbuh 6,7 persen pada awal 2019

Tetapi, Indonesia dan sejumlah negara Asia Tenggara diperkirakan akan bergabung dengan pasar regional lain untuk memotong suku bunga untuk melawan perlambatan pertumbuhan global, demikian dilansir South China Morning Post dari AFP.

Ekspor Indonesia mengisi peluang pangsa pasar di Amerika Serikat di beberapa sektor karena rantai pasokan dari China mulai tersendat.

Dalam empat bulan pertama 2019, Indonesia mengekspor alas kaki senilai US $ 559,91 juta ke AS, naik 6,7 persen dari tahun sebelumnya.

Total ekspor alas kaki Indonesia tahun lalu naik 6,5 persen, jauh di atas kenaikan 3,5 persen dari 2017, menurut Asosiasi Alas Kaki Indonesia.

Dari itu, ekspor ke AS naik lebih dari 4,7 persen menjadi US $ 1,55 miliar tahun lalu, dibandingkan dengan kenaikan 3,5 persen pada 2017, berdasarkan data dari departemen perdagangan AS.

Sebaliknya, pengiriman dari Cina ke AS, yang secara tradisional menyumbang lebih dari setengah impor alas kaki AS, turun 1 persen menjadi US $ 13,89 miliar pada 2018.

Halaman
1234
Penulis: Alfian Zainal
Editor: Alfian Zainal
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved