Jelang Sidang Gugatan Pilpres di MK, Ketua KPU Arief Budiman: Kami Sudah Siap

Jelang sidang gugatan sengketa Pilpres 2019 di Mahkamah Konstitusi (MK), Ketua KPU RI Arief Budiman buka suara.

Jelang Sidang Gugatan Pilpres di MK, Ketua KPU Arief Budiman: Kami Sudah Siap
Tribunnews/Herudin
Ketua KPU Arief Budiman 

TRIBUNBATAM.id - Jelang sidang gugatan sengketa Pilpres 2019 di Mahkamah Konstitusi (MK), Ketua KPU RI Arief Budiman buka suara.

 Arief Budiman begitu yakin kalau dirinya dan keenam komisioner KPU telah mempelajari dan menguasai hal-hal pokok yang harus disampaikan dalam sidang sengketa Pilpres tersebut.

Oleh karena itu, KPU telah siap untuk menghadapi gugatan pasangan calon presiden dan wakil presiden nomor urut 02 Prabowo Subianto - Sandiaga Uno.

"Masing-masing dari kita sudah secara spesifik mempelajari dan menguasai hal-hal pokok yang nanti harus dijelaskan di proses persidangan," kata Arief saat dihubungi, Jumat (14/6/2019).

Menurut Arief, dalam dokumen jawaban dan alat bukti yang diserahkan KPU ke MK Rabu (12/6/2019) kemarin, pihaknya baru memberikan jawaban atas permohonan gugatan awal yang disampaikan kubu Prabowo Jumat (24/5/2019).

Mahfud MD Jawab Soal Status Maruf Amin di Dua Bank Swasta, Sampai pada Poin Ini, Yusrl Izha Tertawa

Prada DP, Terduga Pelaku Mutilasi Kasir Indomaret Vera Oktaria Ditangkap, Ibu Korban Bilang Begini

Jelang Sidang MK, Kominfo Kembali Batasi Akses Instagram dan WhatsApp, Apa Tujuannya?

Soal Kerusuhan 21-22 Mei, IPW Minta Polisi Periksa Keluarga Cendana: Titiek Soeharto, Setelah Itu?

KPU belum memberikan jawaban atas perbaikan permohonan gugatan yang baru Senin (10/6/2019) kemarin disampaikan kubu Prabowo ke MK.

KPU akan memberikan jawaban atas permohonan gugatan perbaikan tersebut hanya jika MK telah memutuskan untuk menerima perbaikan tersebut.

"Iya belum. Karena selama ini kan hanya mendengar saja bahwa ada perbaikan-perbaikan tentang hal ini, hal itu kan, itu sudah kita antisipasi. Tapi ini nanti akan disampaikan juga kepada majelis apakah memang itu dapat diterima atau tidak," ujar Arief.

Untuk diketahui, MK akan mulai menggelar sidang perdana gugatan hasil pemilu presiden pada Jumat (14/6/2019).

Dalam sidang gugatan yang diajukan kubu Prabowo - Sandiaga ini, MK akan memutuskan lanjut atau tidaknya sengketa ke tahapan persidangan dengan mempertimbangkan permohonan beserta barang bukti yang diajukan (Putusan Sela).

Jika berlanjut, maka pada 17 - 24 Juni, MK melakukan sidang dengan agenda pemeriksaan pembuktian.

Hal ini termasuk rangkaian dalam proses persidangan sengketa. Pada 28 Juni, MK akan membacakan putusan sengketa pilpres.

Artikel ini telah tayang di Tribunwow.com dengan judul MK Gelar Sidang Sengketa Pilpres, Ketua KPU: Kami Sudah Kuasai Hal Pokok yang Harus Dijelaskan

Editor: Thom Limahekin
Sumber: TribunWow.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved