VIRAL, Uang Rp 2 Juta Dilempar Ke Ember Agar Jadi Rp 1 M, Warga Kemudian Mengalami Peristiwa Ini

Penipuan dengan modus dukun yang bisa menggandakan uang yang terjadi satu tahun lalu berhasil diungkap oleh Satreskrim Polres Lampung Tengah. Para pel

VIRAL, Uang Rp 2 Juta Dilempar Ke Ember Agar Jadi Rp 1 M, Warga Kemudian Mengalami Peristiwa Ini
TRIBUN LAMPUNG/SYAMSIR ALAM
DUKUN PALSU - Dakirman (46) alias Kong Kirman, warga Kampung Mojokerto, Kecamatan Padang Ratu dan Karjono (66) warga Kampung Sendang Asri, dua dukun palsu yang diringkus Polres Lamteng, Selasa (11/6). INSET: Barang bukti yang digunakan untuk modus perdukunan 

TRIBUNBATAM.id -  Penipuan dengan modus dukun yang bisa menggandakan uang yang terjadi satu tahun lalu berhasil diungkap oleh Satreskrim Polres Lampung Tengah. Para pelaku menjanjikan korban Rp 4 miliar hanya dengan uang Rp 2 juta.

Kronologis penangkapan pelaku Dakirman (46) alias Kong Kirman, warga Kampung Mojokerto, Kecamatan Padang Ratu dan Karjono (66) warga Kampung Sendang Asri, Kecamatan Sendang Agung, bermula dari pengembangan perkara atas laporan korban Ari Sarjono (44), warga Kampung Sendang Asri, Sendang Agung.

Kepala Satreskrim Polres Lamteng Ajun Komisaris Yuda Wiranegara mendampingi Kapolres AKBP I Made Rasma, Rabu (12/6), mengatakan, pelaku diamankan di kediamannya masing-masing, Selasa (11/6) lalu. Polisi juga mengamankan sejumlah barang bukti.

"Awal mula pertemuan korban dengan kedua pelaku ketika ayah korban mempertemukan anaknya dengan pelaku Dakirman. Sampai di rumah Dakirman sudah ada pelaku Karjono," kata AKP Yuda Wiranegara.

GNKR Bantah Aksi Turun ke Jalan Saat Sidang Sengketa Pilpres untuk Dukung Prabowo-Sandi

23 Tahun Berlalu, Kini Terungkap Misteri Kematian Mantan Ibu Negara, Tien Soeharto yang Sebenarnya

Ia melanjutkan, Dakirman kemudian mengenalkan korban kepada Karjono, bahwa Karjono bisa menggandakan uang dengan syarat tertentu.

Korban lalu mempercayai rayuan Karjono dan Dakirman dengan mengikuti sejumlah persyaratan yang diminta kedua pelaku, dengan pulang kembali ke rumahnya dan menyiapkan uang untuk syarat pertama.

Namun, setelah dua kali melakukan prosesi penggandaan uang korban merasa tak menghasilkan apa-apa. Akhirnya ia melaporkan kejadian penipuan itu ke kepolisian.

Korban Ari Sarjono kepada penyidik kepolisian mengatakan, uang total Rp 2 juta diberikan sebanyak dua kali masing-masing Rp 1 juta. Menurut korban, pertama kali ia dijanjikan uang Rp 1 juta menjadi Rp 1 miliar.

"Kata mereka dalam satu minggu saya bisa menjadi Rp 1 miliar. Tapi uang yang ditaruh di dalam lima ember besar begitu saya buka (setelah satu minggu) gak ada uangnya. Lalu saya kembali menemui mereka," kata Ari Sarjono.

Setelah itu, korban keesokan harinya menemui kedua pelaku. Oleh para pelaku korban kembali disuruh menyetor lagi uang Rp 1juta, alasannya untuk memandikan Bunda Ratu (alat perdukunan).

Halaman
12
Editor: Aminnudin
Sumber: Tribun Lampung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved