Batam Terkini

Kapal Patroli KP Yudistira-8003 Beroperasi. Presiden Ingin Indonesia Jadi Poros Maritim Dunia

Kapal berukuran panjang 73 meter dan lebar 11,5 meter itu sandar di dermaga Pelabuhan Kargo Batu Ampar, Batam, Kepri

Kapal Patroli KP Yudistira-8003 Beroperasi. Presiden Ingin Indonesia Jadi Poros Maritim Dunia
TRIBUNBATAM.id/Leo Halawa
Dirpolair Baharkam Polri Brigjen Polisi Lotharia Latif berada di atas kapal bersama Kapolda Kepri Irjen Polisi Andap Budhi Revianto saat meninjau kapal Patroli KP Yudistira-8003 Ditpolairud Barhakam Polri di Pelabuhan Batuampar Batam, Sabtu (15/6/2019). 

TRIBUNBATAM.id, BATAM - Kapala Patroli KP Yudistira-8003 milik Ditpolairud Barhakam Polri, resmi beroperasi di wilayah Kepri. KP Yudistira-8003, Sabtu (15/6/2019).

Kapal berukuran panjang 73 meter dan lebar 11,5 meter itu sandar di dermaga Pelabuhan Kargo Batu Ampar, Batam, Kepri.

Dirpolair Baharkam Polri Brigjen Pol Lotharia Latif di Batam saat acara coffee morning di atas kapal bersama Kapolda Kepri Irjen Pol Andap Budhi Revianto dan stakeholder lainnya mengatakan, kapal itu nantinya akan digunakan menjaga kamtibmas di perairan Kepri.

"Kehadiran kapal patroli ini sebagai wujud pidato pertama Presiden RI (Joko Widodo). Bahwa, beliau mengatakan pemerintahan saya berkomitmen untuk menjadikan kembali Indonesia sebagai Poros Maritim Dunia. Menyuarakan kembali Jalesveva Jayamahe untuk kembali ke jati diri kami sebagai negara maritim sebagai Poros Maritim Dunia. Semoga kehadiran kapal patroli polisi ini dapat menjaga kamtibmas di laut," kata Latif.

Latif menjelaskan, komandan KP Yudistira-8003 adalah AKBP Handoyo Santoso. Lulusan Akabri Polri 1998. Dengan 30-an personel. Dalam kesempatan itu, Handoyo mengatakan, kapal yang terbaru, terbesar, dan modern pada zamannya, memiliki kecepatan maksimum 18 knot.

Calon Penumpang Gagal Naik Kapal Roro ke Batam. Penumpang Terpaksa Memutar ke Tanjungpinang

Kapal Patroli KP Yudistira-8003 Ditpolairud Barhakam Mulai Beroperasi di Kepri, Ini Keunggulannya

Kapal Patroli KP Yudistira-8003 Ditpolairud Barhakam Polri Mulai Beroperasi, Ini Harapan Kapolda

"Memiliki teknologi mengukur kedalaman laut. Sehingga bisa mutar haluan jika kedalaman berpotensi membahayakan haluan kapal," jelas Handoyo.

Kapolda Kepri Irjen Pol Andap Budhi Revianto menyambut baik kedatangan kapal itu. Ia mengatakan, saat ini ada 30 kapal patroli termasuk KP Yudistira-8003 beroperasi di perairan Kepri.

"Kepri yang 95 persen perairan sudah tepat keberadaan kapal ini. Ini kebijakan pemerintah pusat melalui Polri yang cukup baik. Apa lagi Batam atau Kepri secara umum berbatasan dengan dua negara tetangga. Ada Singapur dan Malaysia. Tentu, kerawanan kamtibmas di laut jika tidak ditangani dengan baik bisa saja terjadi," katanya.

Menurut Andap, pulau se-Kepri sebanyak 2048 pulau dan sekitar 3 persen belum diberikan nama. Dia berharap dengan kehadiran kapal ini bisa membantu dan meningkatkan kamtibmas di perairan.(leo)

Penulis: Leo Halawa
Editor: Ucu Rahman
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved