ANAMBAS TERKINI

Pimpinan Kosong, UPTD SPAM Siantan Anambas Pastikan Pelayanan Air Bersih ke Warga Tetap Maksimal

Dari belasan orang itu, terdapat 4 orang staff yang ditempatkan di kantor. Belasan orang ini yang kemudian memastikan agar 2.540 Sambungan Rumah (SR)

Pimpinan Kosong, UPTD SPAM Siantan Anambas Pastikan Pelayanan Air Bersih ke Warga Tetap Maksimal
TRIBUN BATAM/TYAN
Pekerja saat memperbaiki pipa Sarana Prasarana Air Minum (SPAM) yang mengalami kebocoran di Jalan Imam Bonjol Kelurahan Tarempa, Kecamatan Siantan. Posisi Kepala UPTD SPAM secara definitif saat ini masih kosong. Foto diambil beberapa waktu lalu. Tribun/Septyan Mulia Rohman 

TRIBUNBATAM.id -  ‎Posisi Kepala Unit Pelayanan Teknis Daerah (UPTD) Sarana Prasarana Air Minum (SPAM) di Kabupaten Kepulauan Anambas masih kosong.

Zul, Kepala Tata Usaha pada UPTD SPAM Kecamatan Siantan mengatakan, terdapat 15 orang yang ditugaskan pada UPTD yang bertugas mengelola dan mengopersikan air bersih ke rumah warga.

Dari belasan orang itu, terdapat 4 orang staff yang ditempatkan di kantor. Belasan orang ini yang kemudian memastikan agar 2.540 Sambungan Rumah (SR) warga dapat dialiri air bersih. 

Seperti diketahui, proyek SPAM Kecamatan Siantan menjadi satu dari sejumlah proyek tahun jamak (multiyears) yang dilakukan pada ‎masa kepemimpinan Tengku Mukhtaruddin - Abdul Haris.

Alokasi dana yang digelontorkan untuk merealisasikan proyek tersebut diketahui mencapai 28 miliar Rupiah. "Posisi Kepala UPTD masih kosong. Sehingga pendelegasian tugasnya yang sedikit menjadi kendala," ujarnya Minggu (16/6/2019). 

6 Nyawa Melayang, 4 Luka Berat Selama Operasi Seligi 2019 di Bintan

Aksi Koboi Jalanan, Sopir BMW Todongkan Pistol, Minta Maaf Sambil Menangis saat Ditangkap Polisi

Ia menjelaskan kalau UPTD SPAM ini sudah dibentuk dengan Peraturan Bupati (Perbup) tahun 2018. Terkait Sumber Daya Manusia (SDM) ini, pihaknya pun sudah menyapaikan kepada pimpinan untuk memudahkan dalam bertugas. Belasan orang yang ditempatkan di UPTD ini pun, menurutnya tidak hanya bertugas untuk mengelola dan memastikan agar SPAM dapat beroperasi dengan baik. 

Terdapat tugas lain yang sebenarnya menjadi kewenangan UPTD, salahsatunya pengelolaan proyek Penyediaan Air Minum dan Sanitasi Berbasis Masyarakat (Pamsimas‎) yang berasal dari Pemerintah Pusat. "Tugas kami di UPTD tidak hanya terfokus ke SPAM saja. ‎Sebenarnya Pamsimas yang sudah ada di desa-desa seperti di Desa Air Sena di Kecamatan Siantan Tengah itu juga menjadi tugas kami," bebernya. ( Tyan)

Baca berita lebih lengkap di Edisi Cetak Tribun Batam, terbit Senin, 17 Juni 2019

Penulis: Septyan Mulia Rohman
Editor: Aminnudin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved