8 Fakta Setya Novanto Lolos dari Pengawalan, No 4 Kesaksian SPG Keramik Soal Kehadiran Setnov

Terbukti pelesiran selama tiga jam di luar pengawasan petugas, terpidana kasus korupsi e-KTP Setyo Novanto akhirnya dipindah ke rutan Gunung Sindur ya

8 Fakta Setya Novanto Lolos dari Pengawalan, No 4 Kesaksian SPG Keramik Soal Kehadiran Setnov
TRIBUNNEWS/IRWAN RISMAWAN
Terdakwa kasus korupsi KTP Elektronik Setya Novanto mendengarkan keterangan saksi pada sidang lanjutan kasus pengadaan KTP Elektronik di Pengadilan Tipikor, Jakarta, Rabu (14/3/2018) 

TRIBUNBATAM.id -  Terbukti pelesiran selama tiga jam di luar pengawasan petugas, terpidana kasus korupsi e-KTP Setyo Novanto akhirnya dipindah ke rutan Gunung Sindur yang memiliki tingkat pengamanan maksimum atau "one man one cell".

Kepala Bagian Humas Ditjen PAS Ade Kusmanto mengatakan, terpidana yang akrab dipanggil Setnov, terbukti menyalahgunakan jam izin berobat dengan pergi pelesiran bersama istri di sebuah toko bangunan di Padalarang, Bandung Barat.

Sementara itu, Kepala Kantor Wilayah Kemenkum HAM Jabar Liberti Sitinjak menyampaikan permintaan maafnya atas peristiwa kelalaian dan keteledoran pengawalan izin berobat Novanto.

 

Berikut ini fakta lengkapnya:

1. Alasan Setnov di bawa ke rumah sakit

Foto pertama yang beredar. Dalam foto diduga terpidana korupsi KTP elektronik, Setya Novanto, sedang berada plesiran di Padalarang, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat, Jumat (14/6/2019). Akibat beredarnya foto ini, Setnov dipindah dari Lapas Sukamiskin Bandung ke Lapas Gunung Sindur, Kabupaten Bogor. (handout/dok Tribun)
Foto pertama yang beredar. Dalam foto diduga terpidana korupsi KTP elektronik, Setya Novanto, sedang berada plesiran di Padalarang, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat, Jumat (14/6/2019). Akibat beredarnya foto ini, Setnov dipindah dari Lapas Sukamiskin Bandung ke Lapas Gunung Sindur, Kabupaten Bogor. (handout/dok Tribun) (handout/dok Tribun)

Direktorat Jenderal Pemasyarakatan (Ditjen PAS) Kementerian Hukum dan HAM mengungkapkan kronologi terkait penyalahgunaan izin berobat narapidana kasus korupsi e-KTP Setya Novanto (Setnov).

 

Saat itu, beredar luas foto Setnov yang seharusnya berada di rumah sakit, justru bersama istri sedang berada di sebuah toko bangunan di Padalarang, Bandung Barat.

Ade Kusmanto mengatakan, awalnya pada Senin (10/6/2019), dilaksanakan sidang tim pengamat pemasyarakatan untuk mengusulkan perawatan lanjutan bagi Setnov yang mengeluh sakit di tangan kirinya.

Saat itu, petugas memutuskan membawa Setnov ke rumah sakit luar lapas, yaitu RS Santosa Bandung.

"Pada Selasa (11/6/2019) dengan pengawalan petugas lapas dan Kepolisian Sektor Arcamanik, sekitar pukul 10.23 WIB Setnov diberangkatan untuk menjalani perawatan di RS Santosa Bandung," kata Ade.

Halaman
1234
Editor: Aminnudin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved