ANAMBAS TERKINI

Kembali Berkurang, Ini Jadwal Terbaru Penerbangan Pesawat Komersil di Bandara Letung

frekuensi penerbangan maskapai Wings Air dari dan ke Bandara Letung, Desa Bukit Padi Kecamatan Jemaja Timur Kabupaten Kepulauan Anambas mengalami pe

Kembali Berkurang, Ini Jadwal Terbaru Penerbangan Pesawat Komersil di Bandara Letung
Ist
Pesawat Wings Air di Bandara Letung Pulau Jemaja saat ujicoba penerbangan Minggu (24/9/2017) 

Laporan Tribunnews Batam, Septyan Mulia Rohman

TRIBUNBATAM.id, ANAMBAS - ‎Frekuensi penerbangan maskapai Wings Air dari dan ke Bandara Letung, Desa Bukit Padi Kecamatan Jemaja Timur Kabupaten Kepulauan Anambas mengalami pengurangan.

Bila sebelumnya jadwal penerbangan mengalami penyesuaian pada hari Senin, Rabu, serta Jum'at sebanyak 2 jadwal penerbangan dan satu jadwal penerbangan setiap hari Selasa, Kamis, Sabtu serta Minggu yang mulai berlaku pada tanggal 14 Juni 2019, kini pihak maskapai kembali melakukan penyesuaian jadwal penerbangan dengan rincian satu penerbangn tujuan Batam-Letung- Batam setiap hari Senin, Rabu, serta Jum'at yang dijadwalkan berangkat dari Batam pukul 15.00 dan landing di Letung pukul 16.00 WIB.

Serta dari Letung tujuan Batam yang berangkat dari pukul 16.20 dan kembali ke Bandara Hang Nadim, Batam pukul 17.20 WIB. Adapun untuk penerbangan dengan rute Tanjungpinang-Letung PP sebanyak satu penerbangan setiap hari Minggu yang berangkat dari Bandara Tanjungpinang pukul 12.25 WIB dan mendarat di Letung pada pukul 12.55 WIB.

Kemudian dari Letung kembali berangkat pukul 13.20 dan mendarat di Bandara Tanjungpinang pada pukul 13.50 WIB. Masyarakat Anambas yang ditemui pun, ada yang sudah mengetahui perubahan jadwal penerbangan ini.

Ade salahsatunya. Ditemui di salahsatu kedai kopi yang ada di Desa Tarempa Barat, Kecamatan Siantan, ia mengetahui informasi tersebut dari grup laman berbicara yang ia ketahui sejak kemarin.

"Berubah lagi kan. Mulai berlaku 19 Juni 2019 kalau saya menerima informasinya," ujarnya Selasa (18/6/2019). Ia pun menilai penting hadirnya maskapai komersil yang ada di Bandara Letung itu.

Selain harga tiket yang dinamis bila dibandingkan dengan harga tiket maskapai yang beroperasi di Bandara Khusus Matak, hadirnya maskapai komersil di Bandara Letung itu cukup membantu masyarakat ‎yang ingin berangkat mendadak untuk sampai di Batam atau Tanjungpinang.

"Kalau menurut saya, hadirnya penerbangan ini cukup membantu masyarakat yang ingin cepat sampai ke tujuan. Misalnya, pas ada urusan mendadak. Harga tiketnya pun bisa dijangkau untuk masyarakat. Dari Tarempa, harus menggunakan kapal speed ke Pulau Jemaja. Memang agak jadi tandatanya saja, kenapa jadi ada pengurangan frekuensi penerbangan terus," ungkapnya.

Ia pun juga mengetahui kalau maskapai komersil tersebut di awal bulan Juni 2019 baru saja meresmikan rute penerbangan Tanjungpinang-Letung.

Sidang ke-2 Gugatan Sengketa Pilpres, Ketua KPU: Kami Fokus Tanggapi Empat Hal Ini, Apa Saja?

Nelayan Bintan yang Hilang di Laut Ditemukan Oleh Tim SAR Gabungan di Daerah Bakau

Dengan penambahan rute penerbangan ini, selain membantu mobilitas masyarakat Anambas yang ingin ke Tanjungpinang, juga membuat penerbangan dari dan ke Bandara Letung menjadi setiap hari. Ia berharap, agar ada kebijakan yang diambil oleh pihak maskapai sehingga penerbangan dari dan menuju Bandara Letung masih tetap beroperasi.

"Harapannya seperti itu. Kalau sampai tidak ada sama sekali, sepertinya sayang sekali," ungkapnya. Penyesuaian frekuensi penerbangan yang dilakukan oleh maskapai, dibenarkan oleh Danang Mandala Prihantoro, Corporate Communications Strategic of Wings Air. Pihak maskapai, menurutnya memiliki pertimbangan dalam mengambil keputusan penyesuaian frekuensi penerbangan ini.

"Saat ini, langkah strategis tersebut dalam rangka market review atau pengkajian pasar," ungkapnya. Meski demikian, pihaknya berkomitmen untuk membantu mobilitas masyarakat akan kebutuhan penerbangan, khususnya menjangkau penerbangan antar pulau.

"Kami berkomitmen untuk itu. Merupakan suatu kehormatan bagi kami, dapat melayani masyarakat terbang bersama kami," ungkapnya.(tribunbatam.id/septyanmuliarohman).

Penulis: Septyan Mulia Rohman
Editor: Aminnudin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved